Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan melalui Program CSR (Studi tentang Analisis Kegiatan CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa TBK dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Desa Ciwaringin, Kec. Ciwaringin, Kab. Cirebon)

ANGGORO, Firhansyah Vieri (2022) Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan melalui Program CSR (Studi tentang Analisis Kegiatan CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa TBK dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Desa Ciwaringin, Kec. Ciwaringin, Kab. Cirebon). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Firhansyah Vieri Anggoro-F1A017015-Skripsi-2022.pdf

Download (428kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Firhansyah Vieri Anggoro-F1A017015-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Firhansyah Vieri Anggoro-F1A017015-Skripsi-2022.pdf

Download (519kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Firhansyah Vieri Anggoro-F1A017015-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Firhansyah Vieri Anggoro-F1A017015-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Firhansyah Vieri Anggoro-F1A017015-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Firhansyah Vieri Anggoro-F1A017015-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Firhansyah Vieri Anggoro-F1A017015-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Firhansyah Vieri Anggoro-F1A017015-Skripsi-2022.pdf

Download (418kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Firhansyah Vieri Anggoro-F1A017015-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)

Abstract

Salah satu perusahaan yang memiliki program CSR yakni PT. Indocement Tunggal Prakrsa Tbk. Salah satu program CSR yang dilakukan ialah pelestarian seni budaya batik tulis pewarna alam Ciwaringin (Kampung batik Ciwaringin). Tujuan program CSR ini Peningkatan kesejahteraan pengrajin batik dengan menerapkan sistem produksi bersih dan ramah lingkungan kerja sama dengan Chain Center UGM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya meningkatkan partisipasi masyarakat melalui program CSR dalam bentuk-bentuk partisipasi yang dijalankan oleh masyarakat Kampung Batik Ciwaringin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sasaran penelitian adalah para pengerajin batik Ciwaringin dan pihak staff divisi CSR PT.Indocement Tunggal Prakrsa Tbk, teknik penentuan dilakukan dengan purposive sampling. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, kemudian validasinya adalah dengan metode triangulasi sumber data, setelah itu data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya upaya kegiatan CSR untuk meningkatkan partisipasi, jenis partisipasi yang dilakukan oleh pengerajin batik Ciwaringin ialah partisipasi vertikal hal itu berdasarkan partisipasi yang tercipta dimulai dengan adanya program bantuan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, dalam partisipasi ini masyarakat ikut berperan akitf dan memiliki andil dalam pelaksanaan program, dimulai dari tahap pengambilan keputusan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap menikmati hasil. Pada tahap pengambilan keputusan Pihak CSR Indocement dengan masyarakat mengadakan FGD untuk berdiskusi program yang akan mereka jalankan, tahap pelaksanaan pihak CSR PT. Indocement mengadakan kegiatan pelatihan membatik untuk para pengrajin baru, tidak hanya itu saja adanya pelatihan pengolahan pewarna alam, kemudian mengadakan pelatihan pemasaran secara online dan mengikuti pameran-pameran. Pada tahap evaluasi ini dijalankan dalam bentuk diskusi bersama pengrajin batik maupun pihak terkait lainnya yang bertujuan untuk memberikan saran dan kritik. Tahap menikmati hasil ini tahapan di mana para pengrajin sudah mendapatkan hasil selama mengikuti program-program dari pihak CSR PT.Indocement dan pada tahap ini masyarakat sudah mendapatkan manfaat dari program yang sudah dijalankan, pada tahap ini masyarakat dianggap sudah mencapai kemandirian masyarakat. Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Pengrajin Batik, Partisipasi Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22021
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Pengrajin Batik, Partisipasi Masyarakat
Subjects: C > C410 Cities and towns Growth
S > S446 Social responsibility of business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mr Firhansyah Vieri Anggoro
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:48
Last Modified: 27 Jan 2022 04:48
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13635

Actions (login required)

View Item View Item