DESTRIANTY, Alda Dio (2020) Percampuran Turbulen di Perairan Selat Lombok pada Bulan September 2014. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Alda Dio Destrianty-L1C016013-skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Alda Dio Destrianty-L1C016013-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Alda Dio Destrianty-L1C016013-skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Alda Dio Destrianty-L1C016013-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Alda Dio Destrianty-L1C016013-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Alda Dio Destrianty-L1C016013-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Alda Dio Destrianty-L1C016013-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Alda Dio Destrianty-L1C016013-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Alda Dio Destrianty-L1C016013-skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Alda Dio Destrianty-L1C016013-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Percampuran Turbulen di Perairan Selat Lombok pada Bulan September 2014. Selat Lombok merupakan pintu keluar Arlindo dan terdapat sill di tengah selat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik massa air dan percampuran turbulen. Data yang digunakan merupakan hasil pengukuran CTD dalam cruise SITE pada tanggal 10-21September 2014. Lokasi penelitian terdiri dari 6 stasiun yang terletak di bagian utara, tengah dan selatan Selat Lombok. Analisis diagram T-S digunakan untuk identifikasi massa air, sedangkan perhitungan Thorpe displacement (Td), skalaThorpe (LT) dan frekuensi Brunt Väisälä (N) digunakan untuk menentukan percampuran turbulen. Hasil identifikasi karakteristik massa air menunjukkan bahwa massa air di Perairan Selat Lombok terdiri dari massa air North Pacific Subtropical Water (NPSW) di bagian utara, tengah dan selatan pada lapisan termoklin atas, North Pacific Intermediate Water (NPIW) di bagian utara dan tengah pada lapisan termoklin bawah, dan massa air North Indian Intermediate Water (NIIW) di bagian selatan pada lapisan dalam. Hasil perhitungan N menunjukkan bahwa lapisan termoklin memiliki nilai yang paling tinggi (2,22x102-4 s) diikuti lapisan tercampur (1,63x10-4 s-2) dan lapisan dalam (0,28x10-4 s-2-2). Analisis skala Thorpe menunjukan lapisan termoklin memiliki nilai LT yang paling rendah (1,35 m) diikuti lapisan dalam (2,01 m) dan lapisan tercampur (3,11 m). Percampuran turbulen di Selat Lombok lebih intensif terjadi pada lapisan dalam di bagian tengah sampai selatan selat yang diduga disebabkan oleh keberadaan Sill dan adanya fenomena upwelling di sepanjang pantai Jawa-Sumbawa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | L20136 |
Uncontrolled Keywords: | Selat Lombok, Arlindo, Sill, SITE cruise 2014, massa air, percampuran turbulen. |
Subjects: | S > S151 Sea water |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > S1 Ilmu Kelautan |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 02:40 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 02:40 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13705 |
Actions (login required)
View Item |