Analisis Konflik Lalu Lintas dan Kapasitas Weaving Menggunakan Metode US-HCM 2000 Studi Kasus Underpass Jenderal Soedirman

PRAHANDINI, Anisa Tiara (2020) Analisis Konflik Lalu Lintas dan Kapasitas Weaving Menggunakan Metode US-HCM 2000 Studi Kasus Underpass Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ANISA TIARA P-H1B015046-SKRIPSI-FT-2020.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ANISA TIARA P-H1B015046-SKRIPSI-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ANISA TIARA P-H1B015046-SKRIPSI-FT-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-ANISA TIARA P-H1B015046-SKRIPSI-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-ANISA TIARA P-H1B015046-SKRIPSI-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-ANISA TIARA P-H1B015046-SKRIPSI-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-ANISA TIARA P-H1B015046-SKRIPSI-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-ANISA TIARA P-H1B015046-SKRIPSI-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ANISA TIARA P-H1B015046-SKRIPSI-FT-2020.pdf

Download (630kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ANISA TIARA P-H1B015046-SKRIPSI-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Pembangunan Underpass Jedeal Soedirma dilakkan untuk mengurangi kemacetan pada perlintasan sebidang yang berada di Malan Jenderal Soedirea. Setelah dibangun underpass kemacetarn dapat berkurang namun menimbulkan permasalahan baru yaitu konfik lalu lintas dan weaving. Konflik lalu lintas berpotensi terjadi karena dengan dibangunnya underpass geometrik jalan berubah menjadi simpang dengan tiga lerg.an pendekat yang dilengkapi dengan bundara Salah satu pergerakkan yang dapat berpotensi menyebabkankontlik lalu lintas adalah pergeraka weaving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe koflik lulu lintas trjadi pada Underpass Jenderal Soedirman dengan mnenggunaka metode Tine to Accident, mnengetahui kaparsits wearwig pad Underpass lender Soedirman menggunakan metole USHCM 2000, mengetahui hubungan konflik le lites dan we@rving pad Underpass Jenderal Soediman, dan mendapatan solusi permasalahan kontlik lalu lintas dan weaving pada Underpass Jendera Soedirman. Data primer yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah volume kendaraan, kecepatan kendaraar, jarak kendaraan dari suatu titik ke titik kontlik, da data ometrik jalan, scdang/an data sckunder yang dibutuhkan adalah data klasifikasi medan dan klasifkasi jalanHasil penclitian konflik lalu lintas menunjukan bah wa tipe konflik lala lintas yang paling dominan adalah konfik lulu lintas serius. Juelah total koflik yang terjadi adalah 940 kejadian dengar 279 k0like lulu lints sris da 66 koflik lalu lints tidal serius, dengan persentare koflike la.lu lint.ars sri0 29.68% da kof like lalu lint tidak serious 70.32%. Penelitian ini menonjukan bawah kontlik lalu lintas yang terjadi pada Underpass Jenderal Soedirman dipengaruhi oleh kecepatan kendaraan saat mengalami konflik lalu lintas. Semakin tinggi kecepatan kendaraan maka potensi tingkat keseriusan konflik lalu lintas semakin tinggi. Hasil penelitian kapasitas weaving pada Underpass Jenderal Soedirman masih dapat menampung volume kendaraan yang melewati underpass, dapat dilihat dari volume kendaraan eksisting yaitu 3473lendara/jam masih dapat ditapung oleh kapasitas wearvimg yang ad.a yaiitu 6242keodaraajamTinglat pelayanan jala pada underpass dapat diketahui dari nilai density yaitu 22.9 pe/hour/lase yang menunjukkan bahwa tingkat pelaryanan jalan pada Underpass Jenderal Soedirman adalah E, yaitu termasuk dalam keadaan buruk. Dari hasil analisis kontlik lalu lintas dan wearvg diperoleh hubungan antara kedua yaitu sebanyak 9 kejadian konflik lalu lintas discbabkan oleh pergerakka weaving pad.a waktu peak hour, Solusi yang didapatka untu.k mengatasi masalah kontlik lalu lintas dan weaving adalah melakukan kebijakan overbodden satu arah dari Jalan Jenderal Soedirman menuju Jalan Stasiun untuk mengrangikoflik Lulu lints yang terjadi pada titik bundaran, serta meningkatkan kecepatan arus bebas untuk memurunkan nilai kerapatan kendaraan sehingga tingkat pelayanan jalan pada area weaving semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H20022
Uncontrolled Keywords: Konflik lalu lintas, kaparsitas, weaving, tingkat pelayanan jalan
Subjects: C > C421 City traffic
T > T258 Traffic safety
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 09 Mar 2022 06:54
Last Modified: 09 Mar 2022 06:54
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13723

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year