DHANTI, Syiva Fitria (2020) Arus Permukaan di Alur-Pelayaran Cilacap pada Musim Peralihan I. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_Syiva Fitria Dhanti_L1C016073_skripsi_2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Syiva Fitria Dhanti_L1C016073_skripsi_2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Syiva Fitria Dhanti_L1C016073_Skripsi_2020.pdf.pdf.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I_Syiva Fitria Dhanti_L1C016073_Skripsi_2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II_Syiva Fitria Dhanti_L1C016073_Skripsi_2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III_Syiva Fitria Dhanti_L1C016073_Skripsi_2020.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV_Syiva Fitria Dhanti_L1C016073 _Skripsi_2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V_Syiva Fitria Dhanti_L1C016073_Skripsi_2020.pdf.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Syiva Fitria Dhanti_L1C016073_Skripsi_2020.pdf.pdf.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Syiva Fitria Dhanti_L1C016073_Skripsi_2020.pdf.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Alur-Pelayaran Cilacap memiliki rute dua arah dengan lebar 145 m sehingga diperlukan informasi arus untuk pengelolaan transportasi laut dan keselamatan pelayaran sekitar. Arus merupakan pergerakan masa air yang dapat ditimbulkan oleh angin maupun pasang surut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik angin, pasang surut, dan arus permukaan serta kemiripan arus pengukuran dengan arus residu dan arus pasut. Metode yang digunakan yaitu Metode Observasi yang dilakukan langsung menggunakan ADCP dan Analisis Pendekatan Kuantitatif yang dilakukan dengan perhitungan pemisahan arus menjadi arus residu dan arus pasut. Perhitungan RMSE juga dilakukan untuk melihat kemiripan arus total pengukuran dengan arus pasut dan arus residu. Berdasarkan hasil yang diperoleh, karakteristik angin menunjukkan adanya pengaruh musim peralihan I. Dinamika pasang surut pada perairan ini memiliki tipe condong harian ganda (F=0,4325). Sedangkan, arus permukaan pengukuran memiliki rentang kecepatan maksimum sebesar 0,17 m/s dan minimum sebesar 0,01 m/s. Pada kedalaman 19,5 m dan 20,5 m RMSE arus pasut meridional menunjukkan nilai lebih kecil dari arus residu (0,192 dan 0,210 < 0,354 dan 0,321). Sedangkan, pada arah zonal arus residu menunjukkan nilai lebih kecil dari arus pasut (0,210 dan0,175 < 0,217 dan 0,180). Secara meridional arus pasut lebih mendominasi perairan, sedangkan pada arah zonal arus residu lebih dominan. Hal ini mengindikasikan angin dan pasang surut berperan bersama menggerakan arus permukaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | L20154 |
Uncontrolled Keywords: | Arus Pasut; Arus Residu; Pasang Surut; Angin; Alur-Pelayaran Cilacap |
Subjects: | O > O38 Ocean Tides |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > S1 Ilmu Kelautan |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 01:50 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 01:50 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13767 |
Actions (login required)
View Item |