Pelaksanaan Pengelolaan Benda Sitaan Negara oleh Rumah Penyimpanan Benda Sita Negara (RUPBASAN) di Rupbasan Serang Banten

RAHMAYANI, Tiara (2017) Pelaksanaan Pengelolaan Benda Sitaan Negara oleh Rumah Penyimpanan Benda Sita Negara (RUPBASAN) di Rupbasan Serang Banten. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
cover_1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya dalam rangka memberikan jaminan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) adalah berkenaan dengan benda sitaan yang disita dari tersangka atau pihak yang berperkara. Benda sitaan ini harus tetap terlindungi keamanan dan keutuhannya sampai ada putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. Rumah Penyimpanan benda sita Negara (RUPBASAN) merupakan wadah untuk menyimpan benda sitaan maupun barang rampasan yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam mengelola benda sitaan maupun barang rampasan negara ini. Dalam menjalankan fungsi serta tugasnya, RUPBASAN memiliki prosedur dalam melaksanakan pengelolaan benda sitaan yaitu mulai dari penyimpanan, perawatan hingga pemutasian benda sitaan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan benda sitaan negara oleh Rumah Penyimpanan Benda Sita Negara (RUPBASAN) di RUPBASAN Serang Banten dan untuk mengetahui hambatannya dalam pelaksanaan pengelolaan benda sita negara. Guna mencapai tujuan tersebut dan memperoleh data yang sifatnya mendalam, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan dan wawancara. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah yang bersifat deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan di RUPBASAN Serang Banten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RUPBASAN mempunyai prosedur dalam pelaksanaan pengelolaan benda sitaan agara keutuhan benda sita dan barang rampasan negara dapat dikelola dan dilakukan dengan baik. Adanya RUPBASAN, maka benda sitaan terjaga keutuhannya sama seperti saat benda itu disita dan terjaga keamanannya. Adapun hambatan yang dialami oleh RUPBASAN Serang Banten ini berupa hambatan intern maupun hambatan ekstern . Dari hasil penelitian diatas, Hendaknya semua proses penitipan barang sitaan negara (BASAN) maupun barang rampasan negara (BARAN) itu semua dititipkan di RUPBASAN Serang Banten tidak ada pengecualian yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi RUPBASAN dan peraturan mengenai RUPBASAN serta perbaikan Sumber Daya Manusia untuk lebih di optimalkan lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17012
Uncontrolled Keywords: Rumah penyimpanan benda sita negara, Pelaksanaan pengelolaan
Subjects: A > A52 Administrative law
C > C957 Criminal procedure
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Sri Hartati
Date Deposited: 29 Oct 2018 01:58
Last Modified: 12 Dec 2019 07:35
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year