Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Geologi dan Analisis Gerakan Tanah Daerah Mekarwangi dan Sekitarnya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat

LAMCI, Moh Ridwan (2020) Geologi dan Analisis Gerakan Tanah Daerah Mekarwangi dan Sekitarnya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover- Moh Ridwan Lamci- H1C015042- skripsi- 2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas- Moh Ridwan Lamci- H1C015042- Skripsi- 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak- Moh Ridwan Lamci- H1C015042- Skripsi- 2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB 1- Moh Ridwan Lamci- H1C015042- Skripsi- 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB 2- Moh Ridwan Lamci- H1C015042- Skripsi- 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB 3- Moh Ridwan Lamci- H1C015042- Skripsi- 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB 4- Moh Ridwan Lamci- H1C015042- Skripsi- 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (BabV)
BAB 5- Moh Ridwan Lamci- H1C015042- Skripsi- 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka- Moh Ridwan Lamci- H1C015042- Skripsi- 2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Daftar Lampiran- Moh Ridwan Lamci- H1C015042- Skripsi- 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Daerah Penelitian terletak pada desa Mekarwangi dan sekitarnya, Lembang, kabupaten Bandung Barat, provinsi Jawa Barat. Berdasarkan kondisi geomorfologi, daerah penelitian termasuk kedalam daerah memiliki perbukitan yang sangat terjal, sehingga termasuk zona rawan akan terjadinya Gerakan tanah atau longsoran. Pada daerah penelitian, secara umum terdapat lokasi yang sudah terjadi maupun rawan terjadinya Gerakan tanah atau longsor. Hal ini membuat penulis menginginkan penelitian mengenai gerakan tanah pada lokasi sudah terjadi maupun rawan terjadinya gerakan tanah. Tujuan Penelitian ini antara lain mengetahui secara detail kondisi geologi daerah penelitian, mengetahui potensi terjadinya Gerakan tanah pada daerah penelitian, mengetahui faktor- faktorterjadinya Gerakan tanah, mengetahui keteknikan tanah dan nilai kestabilan lereng meliputisifat fisik dan mekanik tanah. Metode penelitian ini terbagi beberapa tahapan yang pertama, pemetaan geologi, meliputi pengambilan data geomorfologi, litologi, dan struktur geologi. Tahapan Kedua pengamatan lokasi daerah yang rawan terjadinya gerakan tanah maupun sudah terjadi gerakan tanah atau longsor, meliputi pengambilan sampel tanah pada lokasi penelitian. Tahapan Ketiga analisis kestabilan lereng meliputi data sifat fisik dan mekanik tanah, kemudian menggunakan aplikasi slides 6 untuk mengetahui nilai faktor kemananan pada lereng daerah peneltian. Berdasarkan hasil dari penelitian ini yaitu Litologi pada daerah penelitian meliputi breksipiroklastik, tufa pasir, intrusi andesit, lava basalt, tufa berbatuapung. Struktur pada daerah penelitian yaitu struktur sesar lembang yang merupakan sesar regional pada daerah penelitian. Terdapat lokasi untuk penelitian untuk mengetahui kestabilan lerengnya, dan mendapatkan hasil. Dari hasil perhitungan aplikasi slides 6 mendapatkan nilai faktor keamanan pada lereng sebesar 1,14. Hal ini menunjukan bahwa pada lereng tersebut dalam kondisi kritis atau longsoran pernah terjadi. Upaya penanganan yang dapat mengurangi resiko Gerakan tanah/longsor adalah mengubah geometri lereng meliputi pelandaian lereng mendapatkan nilai faktor keamanan sebesar 1,3. Hal ini bahwa lereng dalam kondisi stabil atau longsoran jarang terjadi. Upaya lain dalam meningkatkan kestabilan lereng mengubah geometri lereng dengan cara, pemotongan lereng dengan menanbahkan dinding penahan dan tiang pancang mendapatkan nilai faktor kemanan sebesar 1,9. Hal ini bahwa lereng dalam kondisi stabil dan meninimalisir terjadinya Gerakan tanah pada lokasi penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H20176
Uncontrolled Keywords: Daerah Mekarwangi, Lembang, Gerakan Tanah, Kestabilan Lereng, Faktor Keamanan
Subjects: G > G77 Geology
S > S478 Soils
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Geologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 16 Mar 2022 02:31
Last Modified: 16 Mar 2022 02:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13814

Actions (login required)

View Item View Item