FAZRIAH, Annisa Nur (2022) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Kuningan Tahun 2004-2019. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Annisa Nur Fazriah-C1A017065-Skripsi-2022.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Annisa Nur Fazriah-C1A017065-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Annisa Nur Fazriah-C1A01765-Skripsi-2022.pdf Download (171kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Annisa Nur Fazriah-C1A017065-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Annisa Nur Fazriah-C1A017065-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Annisa Nur Fazriah-C1A017065-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Annisa Nur Fazriah-C1A017065-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Annisa Nur Fazriah-C1A017065-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Annisa Nur Fazriah-C1A017065-Skripsi-2022.pdf Download (201kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Annisa Nur Fazriah-C1A017065-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
Abstract
Kemiskinan yaitu ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dimana rata-rata pengeluaran perkapitanya di bawah garis kemiskinan. Pada tahun 2019, tingkat kemiskinan di Kabupaten Kuningan sebesar 11,41 persen lebih tinggi dari tingkat kemiskinan di Jawa Barat sebesar 6,91 persen dan belum sesuai dengan target Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Kuningan yaitu sebesar 7-8 persen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka, rata-rata lama sekolah, dan angka harapan hidup terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Kuningan. Selain itu, untuk menganalisis variabel yang paling berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistika dari tahun 2004 hingga 2019 dengan objek penelitian di Kabupaten Kuningan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan model Ordinary Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan rata-rata lama sekolah berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Kuningan, tingkat pengangguran terbuka berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Kuningan, dan angka harapan hidup berpengaruh positif tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Kuningan. Secara bersama-sama variabel pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka, rata-rata lama sekolah , dan angka harapan hidup berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Kuningan. Variabel yang paling berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Kuningan yaitu variabel rata-rata lama sekolah. Implikasinya dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan ekonomi perlu dilakukan percepatan pemerataan agar pertumbuhan ekonomi tumbuh lebih cepat dan bisa merata ke berbagai daerah di Kabupaten Kuningan. Memberlakukan wajib sekolah 12 tahun untuk seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan dan meningkatkan pendidikan informal seperti kursus-kursus gratis dan pelatihan agar bisa meningkatkan kualitas diri yang akan meningkatkan produktivitas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C22033 |
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran Terbuka, Rata-Rata Lama Sekolah, Angka Harapan Hidup |
Subjects: | E > E39 Economic conditions P > P461 Poverty |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan |
Depositing User: | Mrs Annisa Nur Fazriah |
Date Deposited: | 30 Jan 2022 14:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2022 14:38 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13831 |
Actions (login required)
View Item |