RAIHAN, Raihan (2020) Geologi dan Analisis Daya Dukung Tanah pada Pembuatan Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung Km 96+500 - Km 97 Kabupaten Bandung Barat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-RAIHAN-H1C015025-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-RAIHAN-H1C015025-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-RAIHAN-H1C015025-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-RAIHAN-H1C015025-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-RAIHAN-H1C015025-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-RAIHAN-H1C015025-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-RAIHAN-H1C015025-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-RAIHAN-H1C015025-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-RAIHAN-H1C015025-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Sebagai Negara yang masih terus membangun Pemerintah Indonesia terus melakukan pembangunan infrastruktur, salah satunya adalah pembangunan jalur kereta cepat Jakarta Bandung.Banyak kajian teknis yang perlu dilakukan terhadap pelaksanaannya. Salah satu yang perlu dikaji dalam bidang geoteknik nilai daya dukung tanah subgrade. Penelitian meliputi keteknikan tanah dan aspek geologi di daerah Mandalasari, Cikalong Wetan, Bandung Barat. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan nilai daya dukung tanah subgrade yang dipersyaratkan. Hal tersebut menuntut penulis mengkaji keadaan geologi dansifat tanah dasar di sekitar pembangunan jalur rel cepat tersebut berada di koordinat 761620mE - 772680mE dan 9255096mS - 9246796mS. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis dari sifat keteknikan tanah yang meliputi Kadar air tanah, Berat jenis tanah, Batas Atterberg, dan Direct shear kemudian untuk mendapatkan nilai daya dukung tanahnya menggunakan metode Terzaghi. Adapun hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pada daerah tersebut litologi yang mendominasi adalah breksi vulkanik dan perselingan batupasir-batulempung. Proses pengendapan berlangsung berkisar dari kala Miosen Atas menuju plistosen dan diikuti proses-proses geologi higga saat ini yang membentuk morfologi seperti sekarang yang berupa satuan Punggungan sinklin ciawi, dan satuan Punggungan aliran Piroklastik Mandalasari. Dengan analisis menggunakan teori Terzaghi (1943) didapatkan kapasitas dukung tanah pada lokasi pembangunan kereta cepat jakarta-Bandung KM 96 + 500 –KM 97 pada masing – masing Bore hole 1 (72,53 kN/m2) dan (156,756 kN/m2) ; Bore Hole 2 (373,33 kN/m2) dan (140,692 kN/m2) , Bore Hole 3 371,288 kN/m2 dan 208,922 kN/m2 ; Bore Hole 4 203,9434 kN/m2 dan 659,957 kN/m Dari karakteristik geologi tersebut dapat dikorelasikan dengan analisis kapasitas dukung tanah terhadap pembuatan jalur cepat Jakarta-Bandung KM95-KM96 di daerah Cikalong wetan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H20184 |
Uncontrolled Keywords: | Bandung Barat, Geologi, Geologi Teknik, Kapasitas Dukung Tanah, Kereta Cepat |
Subjects: | G > G77 Geology |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Geologi |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 04:09 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 04:09 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13837 |
Actions (login required)
View Item |