Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perancangan Antarmuka Pengguna dengan Metode Design Thinking pada Aplikasi Sisdes 2.0

SIDIK, Fariz (2022) Perancangan Antarmuka Pengguna dengan Metode Design Thinking pada Aplikasi Sisdes 2.0. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fariz Sidik-H1D016043-Skripsi-2022.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fariz Sidik-H1D016043-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fariz Sidik-H1D016043-Skripsi-2022.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Fariz Sidik-H1D016043-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Fariz Sidik_H1D016043-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Fariz Sidik-H1D016043-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Fariz Sidik-H1D016043-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Fariz Sidik-H1D016043-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fariz Sidik-H1D016043-Skripsi-2022.pdf

Download (109kB)

Abstract

Sisdes (Sistem Informasi Desa) merupakan platform pelayanan publik yang berfokus terhadap pelayanan di tingkat daerah yang dikembangkan oleh Ultranesia. Pengguna aplikasi Sisdes yaitu pemerintah desa mengalami beberapa kendala dalam proses administrasi dan pelayanan kepada masyarakat serta menginginkan adanya penambahan fitur yang lebih modern. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan indikator waktu pada setiap tugas yang diberikan. Indikator waktu tersebut akan menujukan sejauh mana pengguna dapat dengan mudah dalam menyelesaikan tugasnya. Metode pengambilan data yang digunakan sebelum proses pembuatan prototype adalah wawancara dan observasi terhadap tiga pengguna yang merupakan perangkat desa dan warga desa. Metode yang digunakan adalah pendekatan Design Thinking dengan melakukan proses emphaty, define, ideate, prototype dan testing untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi pengguna, sehingga penulis menemukan gagasan baru sebagai solusi dari permasalahan yang ada, yaitu merancang aplikasi android Sisdes 2.0 dengan beberapa fitur seperti cetak surat mandiri, marketplace UMKM dan sosial media desa. Berdasarkan hasil pengujian, semua partisipan dapat menyelesaikan tugas dengan baik yang artinya perancangan aplikasi Sisdes 2.0 sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H22030
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, User Interface, User Experience, Aplikasi Mobile
Subjects: I > I138 Information society
S > S900 System design
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Fariz Sidik
Date Deposited: 03 Feb 2022 07:19
Last Modified: 03 Feb 2022 07:19
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13863

Actions (login required)

View Item View Item