LISNAWATI, Lisnawati (2022) Buku Sekolah Elektronik sebagai Media Sosialisasi Simbol Status Kelas Atas di Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Lisnawati-F1A018036-Skripsi-2022.pdf Download (425kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lisnawati-F1A018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lisnawati-F1A018036-Skripsi-2022.pdf Download (468kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Lisnawati-F1A018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Lisnawati-F1A018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Lisnawati-F1A018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Lisnawati-F1A018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Lisnawati-F1A018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Lisnawati-F1A018036-Skripsi-2022.pdf Download (407kB) |
Abstract
Pendidikan melalui sekolah melibatkan proses sosialisasi nilai dan norma antarsiswa dari berbagai latar belakang kelas sosial. Buku pelajaran merupakan bentuk implementasi sosialisasi formal yang berpedoman pada sebuah kurikulum. Substansi buku pelajaran di sekolah yang seharusnya dapat mengakomodasi keberagaman siswa, pada kenyataannya masih dijadikan sarana reproduksi dan legitimasi simbol status kelas dominan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana dominasi simbol status kelas sosial dalam buku sekolah elektronik (BSE) kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar (SD). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu census sampling. Populasi penelitian ini yaitu sebanyak 51 BSE tematik terpadu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa simbol status kelas atas mendominasi kalimat dalam BSE sebanyak 72,26%. Simbol status kelas atas yang disosialisasikan dalam BSE terdiri atas memiliki barang-barang elektronik, mobil, akuarium, benda seni, memiliki kebiasaan membaca dan menulis, olahraga bersama keluarga, merayakan ulang tahun, tinggal di perumahan, bermain sepatu roda, memiliki kolam renang di rumah, memiliki perpustakaan di rumah, orang tua berpendidikan, menggunakan kata sapaan “opa, mama, papa, bunda”, mengikuti kursus musik, tari, dan bahas Inggris, membeli produk impor, menonton ke bioskop, pekerjaan kelas atas seperti dokter, pilot, arsitek, polisi, guru, ahli komputer, dan lainnya. Di sisi lain, simbol status kelas bawah yang disosialisasikan dalam BSE yaitu pekerjaan kelas bawah, bermain permainan tradisional, membantu orang tua berjualan, memiliki rumah bocor, bekerja keras, dan rajin belajar, berprestasi, serta jujur, dan lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa BSE tematik terpadu kurikulum 2013 menjadi sarana sosialisasi simbol status kelas atas. Kata Kunci: Buku Sekolah Elektronik, Simbol Status, Kelas Atas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22030 |
Uncontrolled Keywords: | Buku Sekolah Elektronik, Simbol Status, Kelas Atas |
Subjects: | E > E165 Electronic books S > S430 Social conditions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Lisnawati Lisnawati |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 03:36 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 03:36 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13872 |
Actions (login required)
View Item |