Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Evaluasi Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan oleh Apoteker di Ruang Farmasi Puskesmas Purwokerto Timur I

HIDAYAH, Mia Rachmiati Nur (2019) Evaluasi Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan oleh Apoteker di Ruang Farmasi Puskesmas Purwokerto Timur I. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 COVER-Mia Rachmiati Nur Hidayah-I1C015044-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS-Mia Rachmiati Nur Hidayah-I1C015044-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK- Mia Rachmiati Nur Hidayah-I1C015044-Skripsi-2020.docx.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (BabI)
4 BAB-I-Mia Rachmiati Nur Hidayah-I1C015044-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabII)
5 BAB-II-Mia Rachmiati Nur Hidayah-I1C015044-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB-III-Mia Rachmiati Nur Hidayah-I1C015044-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (BabIV)
7 BAB-IV-Mia Rachmiati Nur Hidayah-I1C015044-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
8 BAB-V-Mia Rachmiati Nur Hidayah-I1C015044-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
11 Daftar Pustaka_1.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Lampiran)
9 LAMPIRAN-Mia Rachmiati Nur Hidayah-I1C015044-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang : Pelayanan kefarmasian di Puskesmas yang memiliki apotekerperlu dilakukan evaluasi untuk menilai tercapainya tujuan dan capaian pelayanan melalui pengukuran kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien dan hubungan kepuasan dengan kelompok karakteristik jenis kelamin, usia, pendidikan dan pekerjaan pasien terhadap pelayanan oleh apoteker di Pusmesmas. Metode : Penelitian ini merupakan studi observasional dengan pendekatan crosssectional. Pengukuran kepuasan menggunakan kuesioner PSPSQ (PatientSatisfaction with Pharmacist Service) versi kedua yang diadaptasi dari penelitian Sakharkar dan Yuagesti. Pengambilan data dilakukan kepada 110 responden menggunakan teknik accidental sampling. Seluruh data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Mann Whitney dan uji Kruskal Wallis. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kepuasan sebesar 3,10 yangtermasuk dalam kategori puas. Hasil analisis bivariat kepuasan dengan masing-masing kelompok karakteristik berdasarkan perbedaan skor rata-rata kepuasan yaitu menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok karakteristik usia dan pendidikan dengan nilai p=0,000 dan p=0,009 (p<0,05). Namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok karakteristikjenis kelamin dan pekerjaan dengan nilai p=0,166 dan p=0,107 (p>0,05). Kesimpulan: Pasien merasa puas dengan pelayanan yang dilakukan oleh apotekerdi ruang farmasi Puskesmas Purwokerto Timur I, namun pelayanan kefarmasian oleh apoteker di Puskesmas masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I20048
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Apoteker, Puskesmas
Subjects: P > P200 Pharmacology
S > S232 Services for
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 17 Mar 2022 08:01
Last Modified: 17 Mar 2022 08:01
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13900

Actions (login required)

View Item View Item