Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Uji Efek Sedatif Ekstrak Etil Asetat Daun Selada (Lactucasativa. L) pada Mencit Putih Jantan (Mus Musculus)

DEWI, Zidna Akmala (2020) Uji Efek Sedatif Ekstrak Etil Asetat Daun Selada (Lactucasativa. L) pada Mencit Putih Jantan (Mus Musculus). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (616kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (814kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (647kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Insomnia merupakan gangguan tidur yang sering terjadi. Insomnia dapat diatasi dengan menggunakan obat hipnoptik sedatif, akan tetapi penggunaan jangka panjang dan pada dosis tertentu dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. Oleh karena itu diperlukan alternatif lain dari bahan alami. Daun selada memiliki kandungan lactucin dan lactucopicirin yang memiliki efek sedatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efek sedatif ekstrak etil asetat daun selada pada mencit. Metodologi : Ekstrakstri daun selada dilakukan dengan metode maseri serta menggunakan pelarut etil asetat dengan perbandingan 1:4. Uji efek sedatif mengunakan metode rotarod test, ujiini dilakukan dengan cara membagi mencit menjadi 5 kelompok yang terbagi menjadi kelompok kontrol negative (Tween 80 1%), kelompok kontrol positif (Diazepam 1,3 mb/kgBB), kelompokekstrak etil asetat daun selada (200, 400, 800 mg/kgBB). Mencit diaklimatisasi selama 1 minggu. Kemudian mencit diletakan di rotarod dengan kecapatan 30 rpm/menit setelah itu waktu jatuhmencit dicatat. Mencit kemudian dipejankan sesuai kelompoknya melalui jalur p.o, ditunggu 1jam kemudian mencit diletakan pada rotarod pada kecepatan yang sama kemudian catat waktu jatuh mencit dari rotarod dan diitung presentase efek sedatifnya. Analisis statistik yang digunakan untuk persentase efek sedatif yaitu one way ANOVA, dan untuk waktu jatuh mencit sebelum perlakuan menggunakan uji Main-WhitneyHasil : Kemampuan ekstrak etil asetat daun selada dalam menurunkan menimbulkan efek sedatifhampir sama dengan diazepam, yang dapat dilihat berdasarkan rata-rata presentase efek sedatif(p > 0.05) Persentase efek sedatif mengalami peningkatan seiring penambahan dosis, nilai prsentasi efek sedatif berturut-turut sebesar 51.328%, 54,584% dan 55.562%. Kesimpulan : Ekstrak etil asetat daun selada memiliki efek sedatif pada mencit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I20075
Uncontrolled Keywords: Ekstrak etil asetat daun selada, efek sedatif, mencit, waktu jatuh dari rotarod, persentase efek sedatif.
Subjects: I > I169 Insomnia
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:05
Last Modified: 28 Mar 2022 03:21
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item