SETIAWAN, Windya (2017) Tinjauan Yuridis Strategi Penanganan dan Penyelesaian Kredit Bermasalah Pada Bank Bukopin Cabang Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (64kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas _1.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (52kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf Download (44kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penyelesaian kredit bermasalah pada perjanjian kredit Bank. Permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimanakah strategi penanganan dan penyelesaian kredit bermasalah pada Bank Bukopin cabang Purwokerto dalam perspektif KUHPerdata dan kendala yuridis yang dihadapi dalam penyelesaian kredit bermasalah pada Bank Bukopin cabang Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui dan menganalisis strategi penanganan dan penyelesaian kredit bermasalah pada Bank Bukopin cabang Purwokerto dalam perspektif KUHPerdata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif dengan pendekatan perundangundangan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari Bahan Hukum Primer, Bahan Hukum Sekunder dan Bahan Hukum Tersier. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil bahwa AD (debitur) dalam perjanjian kredit Nomor : 670/PWK-PIM/IX/2013, telah melakukan wanprestasi karena tidak melunasi sisa kredit yang harus dibayarkan kepada PT. Bank Bukopin Cabang Purwokerto (kreditur) sebelum jatuh tempo. Bank tidak secara langsung menggunakan haknya untuk mengeksekusi benda jaminan milik debitur, tetapi menggunakan cara Restrukturisasi atau penataan kembali kredit yang bermasalah tersebut dengan membuat perjanjian baru Nomor : 776/ PWK-PIM/ IX/ 2015. Dalam perspektif KUH Perdata model penyelesaian menggunakan Restrukturisasi adalah sama dengan Novasi atau pembaharuan hutang lebih khususnya adalah novasi objektif. kendala yuridis yang dihadapi dalam penyelesaian kredit bermasalah pada PT.Bank Bukopin Cabang Purwokerto adalah penyelesaian menggunakan parate eksekusi melalui KPKNL mengalami kendala karena debitur melakukan gugatan kepada pengadilan negeri, sedangkan penyelesaian kredit bermasalah menggunakan restrukturisasi tidak mengalami kendala yuridis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | E17145 |
Uncontrolled Keywords: | Wanprestasi, Restrukturisasi, Novasi |
Subjects: | C > C787 Consumer credit |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mrs Anisa Sri Restanti |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 02:02 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 07:44 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/140 |
Actions (login required)
View Item |