LESTARI, Mila Intan (2020) Analisis Penyebab Claim Pending pada Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD Banyumas Tahun 2019. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
2. COVER-Mila Intan Lestari-I1A015113-skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-Mila Intan Lestari-I1A015113-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-Mila Intan Lestari-I1A015113-skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
5. BAB I-Mila Intan Lestari-I1A015113-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
6. BAB II-Mila Intan Lestari-I1A015113-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
7. BAB III-Mila Intan Lestari-I1A015113-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
8. BAB IV-Mila Intan Lestari-I1A015113-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
9. BAB V-Mila Intan Lestari-I1A015113-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-Mila Intan Lestari-I1A015113-skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-Mila Intan Lestari-I1A015113-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kejadian claim pending di RSUD Banyumas pada Triwulan III Tahun 2019 sebanyak 454 kasus di layanan rawat jalan dan 441 di layanan rawat inap. Kejadian claim pending di rumah sakit menarik untuk diteliti faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kejadian claim pending berdasarkan input, proses, dan output. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di RSUD Banyumas unit pelayanan rawat jalan dan rawat inap. Informan utama dalam penelitian ini adalah petugas penerima pasien JKN, petugas administrasi poli, petugas administrasi klaim JKN, DPJP dan informan pendukung dalam penelitian ini adalah Kepala Sub Bagian Pendapatan. Analisis data menggunakan content analysis dengan pendekatan thematic network. Hasil Penelitian: Analisis penyebab claim pending di RSUD Banyumas menggunakan pendekatan input dan proses. Hasil analisis berdasarkan input yaitu belum tersedianya petugas khusus rekapitulasi dan kurangnya petugas koding, belum tersedianya training khusus bagi petugas, dan belum adanya jadwal kegiatan supervisi. Hasil analisis berdasarkan proses yaitu tidak dimilikinya petugas rekapitulasi data dan SOP unit bagian olah data, belum adanya sinkronisasi surat rujukan FKTP dengan hasil diagnosa rumah sakit, belum optimalnya perangkat teknologi, dan ketidaksiapan rumah sakit dalam mengikuti percepatan perubahan sistem BPJS Kesehatan. Organisasi RSUD Banyumas mengusulkan dan menyusun rekomendasi perbaikan dalam upaya menekan angka claim pending. Kesimpulan: Penanganan claim pending yang terjadi di RSUD Banyumas belum optimal karena kurangnya kesiapan rumah sakit dalam manajemen pengembangan SDM dan organisasi, serta ketidaksiapan dalam perubahan sistem BPJS Kesehatan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I20242 |
Uncontrolled Keywords: | Claim, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit |
Subjects: | H > H47 Health H > H56 Health insurance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 03:59 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 03:59 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14128 |
Actions (login required)
View Item |