PRASASTI, Riyas Yuniana (2022) Marketing Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dalam Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Riyas Yuniana Prasasti-F1D016005-Skripsi-2022.pdf Download (120kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Riyas Yuniana Prasasti-F1D016005-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Riyas Yuniana Prasasti-F1D016005-Skripsi-2022.pdf Download (190kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Riyas Yuniana Prasasti-F1D016005-Skripsi-Fisip-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Riyas Yuniana Prasasti- F1D016005-Skripsi-FISIP-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Riyas Yuniana Prasasti-F1D016005-Skripsi-FISIP-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Riyas Yuniana Prasasti-F1D016005-Skripsi-FISIP-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (986kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Riyas Yuniana Prasasti-F1D016005-Skripsi-FISIP-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Riyas Yuniana Prasasti-F1D016005-Skripsi-2022.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Riyas Yuniana Prasasti-F1D016005-Skripsi-FISIP-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Marketing Politik PDI Perjuangan Dalam Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Pemalang”. PDI Perjuangan sebagai salah satu partai besar di Indonesia menerapkan marketing politik sebagai salah satu cara untuk memperoleh kemenangan suara saat pemilihan umum khususnya pada pemilihan umum legislatif di Kabupaten Pemalang tahun 2019. Tujuan penelitian ini mempunyai fokus untuk mendeskripsikan tentang marketing politik yang digunakan oleh PDI Perjuangan dalam memenangkan pemilihan umum khususnya pada pemilihan umum legislatif tahun 2019 di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan tentang marketing politik PDI Perjuangan dalam memenangkan pemilihan umum legislatif tahun 2019 di Kabupaten Pemalang. Kemenangan PDI Perjuangan Kabupaten Pemalang didapatkan karena partai secara konsisten melakukan marketing politik dari sebelum pemilu sampai setelah pemilu serta dilakukan dengan penyampaian produk politik secara langsung kepada pemilih. Dalam strategi marketing politiknya, PDI Perjuangan menggunakan dua strategi secara bersamaan yaitu strategi mobilisasi massa dan strategi chasing (berburu pemilih). Adapun cara partai untuk memaksimalkan strategi marketing politiknya yaitu dengan melakukan kampanye politik, komunikasi politik dan segmentasi politik. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan strategi marketing politik PDI Perjuangan untuk meraih kemenangan suara sebanyak-banyaknya dalam pemilu. Kata Kunci : Marketing Politik, PDI Perjuangan, Pemilihan Umum, Strategi Marketing Politik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22018 |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Politik, PDI Perjuangan, Pemilihan Umum, Strategi Marketing Politik |
Subjects: | M > M80 Marketing P > P402 Politics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | Mrs Riyas Yuniana Prasasti |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 02:14 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 02:14 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14149 |
Actions (login required)
View Item |