Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Keanekaragaman dan Dominansi Rumput Laut Hidrokoloid pada Substrat yang Berbeda di Perairan Pantai Karangtengah Nusakambangan Cilacap

ARDIYANTO, Budi (2020) Keanekaragaman dan Dominansi Rumput Laut Hidrokoloid pada Substrat yang Berbeda di Perairan Pantai Karangtengah Nusakambangan Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER - BAYU ARDIYANTO - B1J013194 - SKRIPSI - 2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (508kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (509kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Perairan Pantai Karangtengah Nusakambangan Cilacap memiliki berbagai macam tipe substrat yaitu pasir, karang dan campuran. Kondisi pantai dengan banyak tipe substrat memungkinkan berbagai spesies rumput laut untuk tumbuh. Sehingga, perairan Pantai Karangtengah memiliki potensi keanekaragaman rumput laut yang tinggi. Namun, muncul spesies yang dominan dalam komunitas pada kondisi tertentu. Dominansi suatu spesies menunjukkan bahwa spesies tersebut dapat memanfaatkan sumberdaya dan lingkungan yang ada secara efisien daripada spesies lainnya. Rumput laut apabila diolah lebih lanjut akan menghasilkan senyawa hidrokoloid. Senyawa hidrokoloid memiliki banyak manfaat untuk menunjang kehidupan manusia. Informasi terkait keanekaragaman dan dominansi spesies rumput laut penghasil hidrokoloid di perairan Pantai Karangtengah belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman dan dominansi rumput laut penghasil hidrokoloid pada substrat yang berbeda di perairan Pantai Karangtengah Nusakambangan Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel yaitu metode transek acak terpilih. Sebanyak enam garis transek dibuat secara tegak lurus dengan garis pantai dan jarak antar transek 25 m. Setiap transek dibuat tiga plot yang masing-masing plot berukuran 1x1 m berdasarkan substratnya (karang, pasir, dan campuran). Parameter utama yang diamati yaitu jumlah biomassa dan jumlah spesies. Parameter pendukung yang diamati adalah faktor lingkungan yaitu temperatur, salinitas, pH, kecepatan arus dan kedalaman. Jumlah spesies rumput laut hidrokoloid yang ditemukan sebanyak 10 spesies rumput laut dengan rincian 3 spesies penghasil agar pada substrat, 2 spesies penghasil karaginan dan 5 spesies penghasil alginat. Nilai indeks keanekaragaman diperairan pantai karangtengah antara 0,6-2,0 tergolong keanekaragaman sedang. Nilai indeks dominansi di perairan pantai karangtengah antara 0,2-0,6 tergolong dominansi rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: B20003
Uncontrolled Keywords: dominansi, hidrokoloid, keanekaragaman, rumput laut
Subjects: D > D226 Diversity in the workplace
S > S163 Seas
Divisions: Fakultas Biologi > S1 Biologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:02
Last Modified: 01 Apr 2022 08:02
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14154

Actions (login required)

View Item View Item