Perbandingan Rerata Nilai Ujian Written Test antara Mahasiswa dengan Gaya Belajar Sensing dan Intuitif Menurut Felder-Silverman Learning Style Model

ALIFAH, Rania Nisrina (2020) Perbandingan Rerata Nilai Ujian Written Test antara Mahasiswa dengan Gaya Belajar Sensing dan Intuitif Menurut Felder-Silverman Learning Style Model. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rania Nisrina Alifah-G1A016016-skripsi-2020.pdf

Download (267kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rania Nisrina Alifah-G1A016016-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rania Nisrina Alifah-G1A016016-skripsi-2020.pdf

Download (403kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Rania Nisrina Alifah-G1A016016-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Rania Nisrina Alifah-G1A016016-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Rania Nisrina Alifah-G1A016016-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Rania Nisrina Alifah-G1A016016-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Rania Nisrina Alifah-G1A016016-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rania Nisrina Alifah-G1A016016-skripsi-2020.pdf

Download (554kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rania Nisrina Alifah-G1A016016-skripsi-2020-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)

Abstract

Latar Belakang : Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed menerapkan sistem Blok. Salah satu bentuk PHB adalah written test. Berdasarkan teori 3P maka written test sebagai salah satu faktor produk dipengaruhi oleh gaya belajar yang merupakan faktor presage dan proses. Pada dimensi persepsi dalam Felder Silverman Learning StyleModel (FSLSM), gaya belajar dibagi menjadi gaya belajar sensing dan intuitif. Penelitian sebelumnya menunjukan hasil bahwa gaya belajar sensing banyak dimiliki oleh mahasiswa kedokteran, namun terdapat variasi yang beragam antara pengaruh gaya belajar dengan hasil belajar.Tujuan : Untuk menganalisis perbandingan rerata nilai written test semester 2 antara gaya belajar sensing dan intuitif menurut Felder-Silverman Learning Style Model padamahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi Unsoed Angkatan 2018 Metode : Merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan crosssectional pada populasi terjangkau mahasiswa Semester 2 Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2018. Sebanyak 44 responden terpilihsebagai sampel dengan metode total sampling. Hasil : Gaya belajar yang paling banyak (77,27%) dimiliki adalah gaya belajar sensingdan rerata nilai ujian written test paling banyak pada kategori C (34,09%). Rerata nilaipada gaya belajar sensing lebih tinggi 3,37 poin dibandingkan gaya belajar intuitif. Hasil uji t tidak berpasangan mendapatkan nilai p = 0,40 pada dimensi persepsi. Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan bermakna rerata nilai written test antara gayabelajar sensing dan intuitif menurut FSLSM pada mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed Angkatan 2018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G20050
Uncontrolled Keywords: Penilaian hasil belajar, felder-Silverman, gaya belajar sensing-intuitif.
Subjects: A > A484 Art Study and teaching
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 22 Feb 2022 08:41
Last Modified: 22 Feb 2022 08:41
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14181

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year