Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh PDRB Sektoral, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Pertumbuhan Penduduk terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Pulau Jawa

ISTIANDARI, Debby Nindya (2020) Pengaruh PDRB Sektoral, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Pertumbuhan Penduduk terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Pulau Jawa. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Debby Nindya Istiandari-C2A018009-Tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Debby Nindya Istiandari-C2A018009-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Debby Nindya Istiandari-C2A018009-Tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Debby Nindya Istiandari-C2A018009-Tesis-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Debby Nindya Istiandari-C2A018009-Tesis-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Debby Nindya Istiandari-C2A018009-Tesis-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Debby Nindya Istiandari-C2A018009-Tesis-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Debby Nindya Istiandari-C2A018009-Tesis-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Debby Nindya Istiandari-C2A018009-Tesis-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Debby Nindya Istiandari-C2A018009-Tesis-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini mempunyai perbedaan dengan penelitian lainnya dalam penggunaan variabel bebas dan lokasi penelitian. Lulusan berbagai satuan pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, Diploma, sampai Sarjana menjadi pembeda dengan penelitian yang sudah ada. Variabel persentase penduduk lakilaki dan penduduk perempuan yang mempunyai keluhan kesehatan merupakan variabel baru, di mana pengambilan variabel ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di lokasi penelitian dan hasil penelitian berkaitan dengan adanya perbedaan kerentanan terhadap penyakit antara laki-laki dan perempuan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh struktur sektoral PDRB, kualitas sumber daya manusia, dan pertumbuhan penduduk terhadap tingkat pengangguran terbuka di Pulau Jawa, menganalisis variabel paling berpengaruh terhadap tingkat pengangguran terbuka di Pulau Jawa, serta menganalisis pengaruh dari struktur sektoral PDRB terhadap tingkat pengangguran terbuka sebagaimana teori Colin Clark. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis data adalah data sekunder runtun waktu tahun 2009 sampai tahun 2018 dan data silang enam provinsi di Pulau Jawa yang meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa: (1) dengan arah hubungan negatif PDRB sektor primer dan PDRB sektor sekunder berpengaruh tidak signifikan, sedangkan PDRB sektor tersier berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka, (2) dengan arah hubungan negatif lulusan SD dan lulusan Sarjana berpengaruh signifikan namun lulusan Diploma berpengaruh tidak signifikan, sementara dengan arah hubungan positif persentase penduduk laki-laki yang mempunyai keluhan kesehatan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka, (3) dengan arah hubungan positif pertumbuhan penduduk berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka, (4) lulusan SD menjadi variabel bebas yang paling dominan pengaruhnya terhadap tingkat pengangguran terbuka, (5) pengaruh dari struktur sektoral PDRB terhadap tingkat pengangguran terbuka di Pulau Jawa sejalan dengan teori Colin Clark. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi khususnya bagi pemerintah provinsi di Pulau Jawa dalam meninjau kembali kebijakan yang berkaitan dengan pengentasan pengangguran terbuka dengan mempertimbangkan variabel ekonomi dan sosial yang terdapat dalam penelitian ini. Untuk keterbatasan dalam penelitian ini adalah terbatasnya penggunaan variabel bebas yang memungkinkan penelitian selanjutnya untuk dapat mengembangkan variabel bebas yang berpengaruh terhadap tingkat penganggurna terbuka, seperti dikembangkannya variabel ekonomi menjadi sembilan sektor atau variabel sosial berupa jumlah lulusan berdasarkan jalur dan status lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P20071
Uncontrolled Keywords: Struktur Sektoral PDRB, Sumber Daya Manusia, Penduduk, Pengangguran Terbuka, Teori Colin Clark
Subjects: U > U19 Unemployment
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:29
Last Modified: 11 Feb 2022 07:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14301

Actions (login required)

View Item View Item