Pengaruh Traits: Kemampuan Kognitif, General Self Efficacy dan Neuroticism terhadap Kesuksesan Karir yang Dimediasi oleh Specific Self Efficacy dan Goals

PRIYATIN, Wiwik (2019) Pengaruh Traits: Kemampuan Kognitif, General Self Efficacy dan Neuroticism terhadap Kesuksesan Karir yang Dimediasi oleh Specific Self Efficacy dan Goals. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (BabI)
BAb I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAb II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAb III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAb IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAb V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis asosiatif kausal, dengan tujuan untuk menganalisis kausal. Penelitian ini berjudul: “Pengaruh Traits: Kemampuan Kognitif, General Self Efficacy dan Neuroticism terhadap Kesuksesan Karir yang dimediasi oleh Spesific Self Efficacy dan Goals. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan “Pengaruh Traits:Kemampuan Kognitif, General Self Efficacy dan Neuroticism terhadap Kesuksesan Karir yang Dimediasi oleh Spesific Self Efficacy dan Goals. Target populasi pada penelitian ini adalah Dosen DIII Keperawatan di wilayah Kabupaten Banyumas dan Cilacap, ukuran sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 orang dosen dengan menggunakan random sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya.Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan SPSS. Ada 7 hipotesis yang terbukti yaitu:Terdapat pengaruh positif kemampuan kognitif terhadap spesific self efficacy,terdapat pengaruh positif kemampuan kognitif terhadap goals, terdapat pengaruh positif kemampuan kognitif terhadap kesuksesan karir yang dimediasi oleh spesific self efficacy, terdapat pengaruh positif kemampuan kognitif terhadap kesuksesan karir yang dimediasi oleh goals, terdapat pengaruh positif general self efficacy terhadap specific self efficacy, terdapat pengaruh negatif neuroticism terhadap specific self efficacy, terdapat pengaruh negatif neuroticism terhadap goals, dan ada 2 hipotesis yang tidak terbukti yaitu general self efficacy berpengaruh positif terhadap goals, neuroticism berpengaruh negatif terhadap kesuksesan karir. Implikasi teoritis dari kesimpulan pada penelitian ini adalah perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai kesuksesan karir dengan faktor – faktor yang memengaruhi diantaranya adalah faktor demografi yaitu usia, status perkawinan, kepribadian, pendidikan, pengalaman, latar belakang sosial, pekerjaan dan global konteks. Hal tersebut dapat memberikan gambaran mengenai hasil penelitian tentang kesuksesan karir, sehingga hasilnya lebih komprehensif. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah kemampuan kognitif, general self efficacy dan neuroticism dapat dijadikan dasar pertimbangan karir seorang dosen serta dapat digunakan sebagai dasar merumuskan kebijakan tentang karir untuk meningkatkan kualitas dosen dalam bekerja. Kebijakan yang bisa diambil diantaranya adalah : Dosen dengan kemampuan kognitif yang baik sangat sesuai menduduki posisi jabatan struktural sebagai contoh Direktur, Wakil Direktur, Dosen dengan general self efficacy yang tinggi sangat sesuai menduduki posisi seperti pengawas, penasehat dan bendahara, Dosen dengan kestabilan emosi sangat sesuai menduduki posisi peneliti Keterbatasan penelitian ini adalah faktor – faktor yang memengaruhi kesuksesan karir seorang dosen dalam penelitian ini hanya terdiri dari tiga variabel yaitu kemampuan kognitif, general self efficacy dan neuroticism sedangkan masih banyak faktor lain yang memengaruhi kesuksesan karir seorang dosen.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P20079
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, General Self Efficacy, Neuroticism, Kesuksesan Karir
Subjects: P > P170 Personality Psychology Self
S > S798 Success
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:29
Last Modified: 21 Feb 2022 02:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14326

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year