Partisipasi Anggota Kelompok Afinitas pada Program Desa Mandiri Pangan di Desa Adisana Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas

WIBOWO, Karist Dwi (2022) Partisipasi Anggota Kelompok Afinitas pada Program Desa Mandiri Pangan di Desa Adisana Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-KARIST DWI WIBOWO-P2B019004-TESIS-2022.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Karist Dwi Wibowo-P2B019004-Tesis-2022pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Karist Dwi Wibowo-P2B019004-Tesis-2022.pdf

Download (307kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I- Karist Dwi Wibowo-Karist Dwi Wibowo-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II- Karist Dwi Wibowo-P2B019004-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III- Karist Dwi Wibowo-P2B019004-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV- Karist Dwi Wibowo-P2B019004-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V- Karist Dwi Wibowo-P2B019004-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA- Karist Dwi Wibowo-P2B019004-Tesis-2022.pdf

Download (268kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN- Karist Dwi Wibowo-P2B019004-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program Desa Mandiri Pangan di desa sasaran sangatlah diperlukan dari tahap awal bahkan hingga kebelanjutan program. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan, baik dalam bentuk waktu, tenaga, maupun material untuk kesuksesan pelaksanaan program. Diharapkan setelah program berjalan dalam jangka panjang terdapat peningkatan dalam partisipasi yang dapat dilihat dari adanya perubahan terhadap apek perencanaan, pelaksanaan, manfaat dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan partisipasi anggota kelompok afinitas terhadap keberhasilan program desa mandiri pangan di Desa Adisana Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas; (2) menganalisis hubungan antara tingkat partisipasi anggota kelompok afinitas terhadap keberhasilan program desa mandiri pangan di Desa Adisana Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Metode mencapai tujuan tersebut adalah menggunakan penelitian survei dengan pendekatan Mixed Method. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Adisana, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas selama lima bulan. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Korelasi Rank Spearman dan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu anggota kelompok afinitas di Desa Adisana berjumlah 60 orang. Sampel penelitian berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling atau sensus. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dan wawancara sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat partisipasi anggota kelompok afinitas pada program desa mandiri pangan aspek perencanaan 61,7 %, aspek pelaksanaan 70 %, aspek manfaat 65 % dan aspek evaluasi 65 % ) rata-rata kategori tingkat partisipasi sedang terhadap keberhasilan program desa mandiri pangan, (2) hasil uji korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa partisipasi aspek perencanaan berhubungan, dengan tingkat hubungan sedang dan searah dengan keberhasilan program desa mandiri pangan, aspek pelaksanaan berhubungan, dengan tingkat hubungan lemah dan searah dengan keberhasilan program desa mandiri pangan, partisipasi aspek manfaat berhubungan, dengan tingkat hubungan lemah dan searah dengan keberhasilan program desa mandiri pangan, dan partisipasi aspek evaluasi berhubungan, dengan tingkat hubungan sedang dan searah dengan keberhasilan program desa mandiri pangan. Data kuantitatif tersebut didukung dengan hasil wawancara kepada beberapa responden yang menyatakan bahwa variabel tingkat partisipasi berhubungan dengan keberhasilan program desa mandiri pangan dengan tingkat kekuatan sedang, lemah dan searah. Dengan demikian data kualitatif ini memperkuat data kuantitatif dan memperluas data kuantitatif yaitu dengan menambahkan fenomena-fenomena lain yang berhubungan dengan keberhasilan Program Desa Mandiri Pangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P222025
Uncontrolled Keywords: partisipasi dan keberhasilan program desa mandiri pangan
Subjects: C > C410 Cities and towns Growth
F > F273 Food supply
G > G193 Government policy
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Penyuluhan Pertanian Pemberdayaan Masyarakat
Depositing User: Mr Karist Dwi Wibowo
Date Deposited: 18 Feb 2022 01:47
Last Modified: 18 Feb 2022 01:47
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14513

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year