PRATAMA, Suryo Bagus (2019) Penentuan Nilai Batas Kecepatan Maksimum Kendaraan di Kawasan Sekolah Kabupaten Purbalingga (Determination of Maximum Vehicle Speed Limit Value in the School Area Of Purbalingga Regency). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER -Suryo Bagus Pratama-H1D014014-Skripsi-2019.pdf Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS -Suryo Bagus Pratama-H1D014014-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK -Suryo Bagus Pratama-H1D014014-Skripsi-2019.pdf Download (13kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAB I -Suryo Bagus Pratama-H1D014014-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (BabII)
BAB II -Suryo Bagus Pratama-H1D014014-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (BabIII)
BAB III -Suryo Bagus Pratama-H1D014014-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (BabIV)
BAB IV -Suryo Bagus Pratama-H1D014014-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
PDF (BabV)
BAB V -Suryo Bagus Pratama-H1D014014-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA -Suryo Bagus Pratama-H1D014014-Skripsi-2019.pdf Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN -Suryo Bagus Pratama-H1D014014-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pelajar sekolah adalah salah satu pengguna jalan yang masih kurang berpengalaman dan cenderung kurang berhati-hati, sehingga para siswa-siswi seringkali menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Beberapa kasus yang terjadi di Kabupaten Purbalingga disebutkan bahwa dari tahun 2010 s.d 2013, jumlah korban kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pejalan kaki sebanyak 164. Mengacu pada data tersebut, salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas adalah perilaku kelalaian manusia dan tingginya kecepatan kendaraan yang melampaui batas kecepatan yang ditetapkan (speeding). Salah satu strategi dalam mengurangi speeding yaitu dengan cara pembatasan kecepatan di kawasan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan atribut atau parameter yang mempengaruhi nilai batas kecepatan maksimum kendaraan dan menentukan nilai batas kecepatan kendaraan di kawasan sekolah serta mengetahui jumlah persentase speeding di kawasan sekolah. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa parameter yang mempengaruhi nilai batas kecepatan maksimum kendaraan di kawasan sekolah Kabupaten Purbalingga adalah geometrik jalan (lebar lajur dan ada tidaknya median jalan), alinyemen horizontal (berada pada daerah tikungan atau daerah lurus), dan alinyemen vertikal (berada pada daerah datar, daerah tanjakan/menanjak, atau turunan/menurun). Berdasarkan hasil analisis dari percentile 85th dan probabilitas tingkat fatalitas pejalan kaki saat ditabrak kendaraan, diperoleh nilai batas kecepatan pada jam masuk sekolah sebesar 30 km/jam. Dan untuk jalan di luar jam sekolah sesuai dengan medan jalan yang ada yaitu, Jalan Raya Purbalingga-Bobotsari (SMP Negeri 1 Mrebet) dengan medan tanjakan dan tikungan sebesar 40 km/jam, Jalan Raya Padamara (SMA Negeri 1 Padamara) dengan medan tanjakan dan lurus sebesar 45 km/jam, dan Jalan Mayjen Sungkono (SMP Negeri 1 Kalimanah) dengan medan datar dan lurus sebesar 50 km/jam. Rata-rata persentase speeding yang terjadi pada jam masuk sekolah dengan batas kecepatan sebesar 30 km/jam di Jalan Raya Purbalingga-Bobotasari sebesar 22%, di Jalan Raya Padamara sebesar 30%, di Jalan Mayjen Sungkono arah Purbalingga sebesar 53%, di Jalan Mayjen Sungkono arah Purwokerto sebesar 78%. Rata-rata persentase speeding yang terjadi di luar jam masuk sekolah dengan batas kecepatan 40-50 km/jam sesuai tipe medan jalan di Jalan Raya Purbalingga-Bobotasari sebesar 31%, di Jalan Raya Padamara sebesar 17%, di Jalan Mayjen Sungkono arah Purbalingga sebesar 20%, di Jalan Mayjen Sungkono arah Purwokerto sebesar 26%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H19011 |
Uncontrolled Keywords: | kawasan sekolah, speeding, batas kecepatan, geometrik jalan, alinyemen horizontal, alinyemen vertikal |
Subjects: | E > E253 Engineering and construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 02:40 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 02:45 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1463 |
Actions (login required)
View Item |