Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Pendapatan Istri dan Interaksi Sosial dengan Suami (Studi pada Perempuan Pedagang Pasar Tradisional di Desa Lembupurwo)

FATIMAH, Dewi (2022) Hubungan Pendapatan Istri dan Interaksi Sosial dengan Suami (Studi pada Perempuan Pedagang Pasar Tradisional di Desa Lembupurwo). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dewi Fatimah-F1A014047-Skripsi-2022.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dewi Fatimah-F1A014047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dewi Fatimah-F1A014047-Skripsi-2022.pdf

Download (622kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Dewi Fatimah-F1A014047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Dewi Fatimah-F1A014047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Dewi Fatimah-F1A014047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Dewi Fatimah-F1A014047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Dewi Fatimah-F1A014047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dewi Fatimah-F1A014047-Skripsi-2022.pdf

Download (497kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dewi Fatimah-F1A014047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Budaya patriarki mengharuskan suami bekerja mencari nafkah dan bertanggung jawab atas ekonomi keluarga. Namun dalam praktek di kehidupan masyarakat, kita menemukan banyak istri yang ikut bekerja, bahkan beberapa memiliki pendapatan yang lebih besar dari suami. Fenomena istri bekerja ini tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan tetapi juga pedesaan seperti yang terjadi di Desa Lembuprwo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Pendapatan istri yang bekerja tentu saja membantu perekonomian keluarga, tetapi juga menimbulkan beberapa dampak negatif seperti buruknya interaksi yang terjalin dengan suami saat pendapatan yang istri dapatkan melebihi pendapatan suami. Di Desa Lembupurwo, istri yang bekerja sebagai pedagang pasar tradisional dan memiliki pendapatan besar dari suami, cenderung mendominasi dan memiliki interaksi yang buruk (dissosiatif) dengan suami. Hal itu sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan istri yang bekerja terhadap interaksi sosial pada suami. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2019 menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 35 responden yang bekerja sebagai pedagang pasar tradisional. Analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dan diperoleh hasil C = -.505 yang berarti pendapatan istri berkorelasi negatif signifikan terhadap interaksi dengan suami. Istri dengan pendapatan lebih besar dari suami mampu mengambil keputusan sendiri dalam hal apapun tanpa harus meminta persetujuan dari suami, sehingga menyebabkan suami merasa kehilangan kedudukannya sebagai kepala keluarga. Sementara itu, istri yang bekerja dengan pendapatan lebih rendah/seimbang dari suami memiliki interaksi yang assosiatif (baik). Istri dengan pendapatan lebih rendah/ seimbang dengan suami tetap bergantung secara ekonomi kepada suami walau mereka memiliki pendapatan sendiri. Mereka tetap mendiskusikan dan membicarakan hal apapun kepada suami, mereka tidak berani mengambil keputusan sendiri tanpa ijin suami. Teori kelas dari Karl Marx mengatakan pihak yang memiliki modal memiliki kekuasaan lebih besar dibandingkan pihak yang tidak memiliki modal, sehingga pendapatan sebagai modal benar-benar berhubungan terhadap interaksi yang terjalin antara suami dan istri. Suami dengan pendapatan lebih besar adalah hal yang wajar, suami dengan kekuasaan lebih tinggi dibandingkan istri adalah hal yang wajar, namun semua itu bisa berubah apabila istri bekerja dan memiliki pendapatan lebih besar dari suami. Berdasar hal tersebut, dalam keluarga perlu adanya kesepakatan dan komunikasi dua pihak mengenai hal-hal tersebut, bagaimana mengelola keuangan, bagaimana menyeimbangkan peran antara suami istri, dan lainnya sehingga tidak menimbulkan buruknya interaksi antara istri yang bekerja dan suami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22095
Uncontrolled Keywords: Budaya Patriarki, Suami Istri, Interaksi Sosial
Subjects: F > F28 Family life
I > I60 Income
W > W170 Women
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Dewi Fatimah
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:41
Last Modified: 23 Feb 2022 06:41
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

View Item View Item