Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Transformasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Menjadi Program Kartu Sembako Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Implementasi di Desa Kotayasa Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas)

FATAH, Nurhana (2022) Transformasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Menjadi Program Kartu Sembako Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Implementasi di Desa Kotayasa Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fatah Nurhana-F1B016090-Skripsi-2022.pdf

Download (356kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fatah Nurhana-F1B016090-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fatah Nurhana-F1B016090-Skripsi-2022.pdf

Download (353kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Fatah Nurhana-F1B016090-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Fatah Nurhana-F1B016090-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Fatah Nurhana-F1B016090-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Fatah Nurhana-F1B016090-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Fatah Nurhana-F1B016090-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fatah Nurhana-F1B016090-Skripsi-2022.pdf

Download (356kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fatah Nurhana-F1B016090-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)

Abstract

Masih terdapat beberapa kendala pada saat pelaksanaan program BPNT di desa Kotayasa. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui transformasi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) menjadi Program Bantuan Kartu Sembako dalam peningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Kotayasa Kecamatan Sumbang Banyumas. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sasaran penelitian yakni Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Tenaga Kesejahteraan Sosial. aparatur Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, e-warung desa Kotayasa, dan para penerima program BPNT. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode Analisis data menggunakan analisis interaktif. Sementara validasi data menggunakan triangulasi data sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan beberapa poin kesimpulan. Pertama, aspek aktor yang terlibat, pelaksana atau implementor program Bantuan Pangan Non-Tunai di Desa Kotayasa meliputi Operator SIKSNG, Kepala Lingkungan, TKS Kecamatan dan TKS Kabupaten, Dinas Sosial, Tim koordinasi bansos pangan provinsi,dan tim koordinasi bansos pangan pusat. Kedua aspek kejelasan tujuan program, dalam BPNT ini sasaran utamanya adalah masyarakat dengan tujuan mengurangi beban pengeluaran masyarakat melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan serta memberikan gizi yang lebih seimbang. Ketiga, aspek perkembangan dan kerumitan program, pendekatan yang dilakukan dalam program BNPT Desa Kotayasa ini dengan menyeleksi lagi data para calon KPM yang kemudian diinput pada Basis Data Terpadu (BDT) lalu diusulkan sebagai penerima bantuan. Keempat aspek pertisipasi program, masih ada kelompok sasaran (KPM) yang tidak patuh terhadap prosedur. Kelima aaspek faktor-faktor memperngaruhi implementasi, program BPNT ini sudah tepat sasaran, namun masih ada beberapa masyarakat mampu yang menerima bantuan tersebut, sedangkan yang kurang mampu masih banyak yang belum menerima bantuan dikarenakan kuota yang terbatas. Terakhir, berdasarkan prespektif kesejahteraan sosial, tujuan program ini untuk mengurangi pengeluaran keluarga penerima manfaat melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan telah berhasil dilaksanakan. Adapun manfaat dari program BPNT ini, yaitu terpenuhinya kebutuhan Pangan KPM, meningkatnya efisiensi penyaluran bantuan sosial., dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah Kata kunci: Kartu Sembako, Program BPNT, Transformasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22092
Uncontrolled Keywords: Kartu Sembako, Program BPNT, Transformasi
Subjects: F > F240 Food
G > G193 Government policy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Fatah Nurhana
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:23
Last Modified: 23 Jun 2022 08:32
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14709

Actions (login required)

View Item View Item