Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Akuntabilitas pada Lembaga Amil Zakat dalam Perspektif Shari'ah Enterprise Theory(Studi Kasus pada LAZiS Al-Ihsan Jawa Tengah Cabang Kebumen)

HIKMANINGSIH, Hetty (2022) Akuntabilitas pada Lembaga Amil Zakat dalam Perspektif Shari'ah Enterprise Theory(Studi Kasus pada LAZiS Al-Ihsan Jawa Tengah Cabang Kebumen). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Hetty Hikmaningsih-C2D017006-Tesis-2022.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hetty Hikmaningsih-C2D017006-Tesis-2022 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hetty Hikmaningsih-C2D017006-Tesis-2022.pdf

Download (284kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Hetty Hikmaningsih-C2D017006-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Hetty Hikmaningsih-C2D017006-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Hetty Hikmaningsih-C2D017006-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Hetty Hikmaningsih-C2D017006-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Hetty Hikmaningsih-C2D017006-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hetty Hikmaningsih-C2D017006-Tesis-2022.pdf

Download (427kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hetty Hikmaningsih-C2D017006-Tesis-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus mengenai analisis pengelolaan dana ZIS. Tujuan penelitian untuk menganalisis akuntabilitas dana zakat, infak dan sedekah dari aspek fisik, aspek mental dan aspek spiritual dalam perspektif Shari’ah Enterprise Theory. Akuntabilitas aspek fisik dianalisis kesesuaian isi laporan keuangan LAZIS dengan PSAK 109 tentang pedoman akuntansi zakat. Akuntabilitas aspek mental diukur dengan ketercapaian program menggunakan indikator akuntabilitas menurut Ellwood yaitu akuntabilitas hukum dan kejujuran, akuntabilitas program, akuntabilitas kebijakan dan akuntabilitas proses. Aspek spiritual adalah aspek keimanan pengelola LAZ/amil diukur dengan kepatuhan amil zakat terhadap syariat Islam secara menyeluruh, beribadah hanya semata karena Allah, tujuan spiritual pada program-program dan sikap amanah/tanggungjawab. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles and Huberman dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Informan yang dipilih adalah pengelola LAZIS/Amil, muzaki dan mustahik. Uji keabsahan data menggunakan uji kepercayaan, uji keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Uji kepercayaan menggunakan metode triangulasi sumber (amil dan mustahik), dan triangulasi teknik (wawancara dan dokumentasi). Berdasarkan hasil penelitian akuntabilitas pengelolaan dana ZIS merupakan sinergi ketiga aspek akuntabilitas yakni akuntabilitas aspek fisik, aspek mental dan spiritual yang holistik. Implikasi dari kesimpulan akuntabilitas aspek fisik adalah agar dapat meningkatkan pemanfaatan website sebagai pengungkapan laporan keuangan LAZIS sesuai PSAK 109 sehingga meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga. Pentingnya mengungkapkan catatan atas laporan keuangan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari laporan keuangan, meningkatkan partisipasi cabang dalam pencatatan akuntansi sampai tahap pelaporan serta dapat rutin sosialisasi penerapan dan perubahan pedoman akuntansi zakat melalui kantor kementrian agama Kabupaten perlu melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap akuntabilitas LAZIS. Akuntabilitas aspek mental mengandung implikasi yaitu LAZIS Jateng perlu mengkaji program pendayagunaan dan pendistribusian yang kreatif dan diterima oleh masyarakat. Akuntabilitas aspek spiritual perlu ditingkatkan dengan program sertifikasi amil yang tersertifikasi profesional yang menjunjung tinggi etika islam sehingga berdampak peningkatan kepercayaan publik terhadap LAZ.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P222035
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, dana ZIS, SET
Subjects: M > M35 Management
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Akuntansi
Depositing User: Mrs HETTY HIKMANINGSIH
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:57
Last Modified: 01 Mar 2022 06:57
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14848

Actions (login required)

View Item View Item