Pengaruh Pengungkapan Emisi Karbon dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Media Exposure Sebagai Variabel Moderasi

NGURAH, Si Made (2020) Pengaruh Pengungkapan Emisi Karbon dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Media Exposure Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Si Made Ngurah Purnaman-C2D017011-Tesis-2020.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Si Made Ngurah Purnaman-C2D017011-Tesis-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Si Made Ngurah Purnaman-C2D017011-Tesis-2020.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Si Made Ngurah Purnaman-C2D017011-Tesis-FEB-2020 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Si Made Ngurah Purnaman-C2D017011-Tesis-FEB-2020 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Si Made Ngurah Purnaman-C2D017011-Tesis-FEB-2020 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Si Made Ngurah Purnaman-C2D017011-Tesis-FEB-2020 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Si Made Ngurah Purnaman-C2D017011-Tesis-FEB-2020 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Si Made Ngurah Purnaman-C2D017011-Tesis-2020.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Si Made Ngurah Purnaman-C2D017011-Tesis-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian terhadap pengungkapan emisi karbon dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan dengan media exposure sebagai variabel moderasi. Penelitian ini mengambil judul “ Pengaruh pengungkapan emisi karbon dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan dengan media exposure sebagai variabel moderasi”. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel independen yaitu pengungkapan emisi karbon dan kinerja lingkungan, 1 variabel dependen yaitu nilai perusahaan, dan 1 variabel moderasi yaitu media exposure. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengungkapan emisi karbon dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan dan untuk mengetahui pengaruh efek moderasi media exposure terhadap pengaruh pengungkapan emisi karbon dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan teori stakeholers, teori legitimasi dan teori agenda setting sebagai dasar teori yang digunakan. Teori legitimasi merupakan dasar perusahaan untuk mengungkapkan bahwa aktivitas dan kinerjanya dapat diterima oleh masyarakat dan sesuai dengan nilai, norma dan kepercayaan masyarakat. Teori stakeholders mendorong perusahaan untuk bertanggung jawab tidak hanya kepada pemegang saham melainkan juga terhadap para pemangku kepentingan atau stakeholder. Teori Agenda setting menyatakan bahwa media memiliki kekuatan untuk memengaruhi bahkan membentuk pola pikir audience yang terkena terpaan informasinya. Pengungkapan emisi karbon dalam penelitian ini diukur berdasarkan checlist yang dikembangkan oleh Choi et al. (2013). Kinerja lingkungan dalam penelitian ini dipromosikan berdasarkan peringkat PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Tobin’s Q. Media exposure diukur dengan menggunakan koefisien Janis-Fadner. Penelitian ini terdiri dari 4 hipotesis penelitian yaitu : Hipotesis pertama pengungkapan emisi karbon berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, hipotesis kedua kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, hipotesis ketiga media exposure memoderasi pengaruh pengungkapan emisi karbon terhadap nilai perusahaan dan hipotesis keempat media exposure memoderasi pengaruh kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia di Indonesia periode 2016-2018. Data yang digunakan adalah laporan tahunan, laporan keuangan dan laporan sustainability persusahan tahun 2016- 2018. Penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. terdapat total sampel 26 perusahaan dikalikan periode pengamatan 3 tahun maka jumlah data sampel akhir adalah 78 data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan sebagai berikut: (1) Analisis statistis deskriptif, (2) Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Multikolinearitas Heteroskedastisitas, Autokorelasi), (3) Analisis Regresi Linear Berganda, (4) Analisis moderasi variabel dummy, (5) Uji Goodness of Fit, (6) Uji koefisien determinasi dan (7) Pengujian terhadap hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa: (1) Pengungkapan emisi karbon berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, (2) Kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, (3) Media exposure sebagai variabel moderasi dapat memoderasi pengaruh pengungkapan emisi karbon terhadap nilai perusahaan, (4) media exposure sebagai variabel moderasi dapat memoderasi pengaruh kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu diharapkan hasil penelitian memberikan implikasi dan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, terutama bidang ilmu akuntansi khususnya akuntansi manajemen. Hasil penelitian ini juga dapat di pakai sebagai acuan dalam penelitian-penelitian selanjutnya terkait efek moderasi media exposure yang memperlemah pengaruh pengungkapan emisi karbon dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan oleh calon investor untuk membuat keputusan investasi. Bagi manajemen perusahaan sebaiknya menciptakan informasi yang baik serta menumbuhkan kepercayaan terhadap stakeholders. Bagi pemerintah hasil penelitian ini diharapkan menjadi dapat menjadi bahan pertimbangan untuk pemerintah dalam membuat regulasi yang berkaitan dengan pengungkapan emisi karbon dan kinerja lingkungan. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan yaitu periode pengamatan variabel media exposure matching antara waktu perilisan berita terkait informasi lingkungan dengan pengukuran nilai perusahaan dan keterbatasan selanjutnya adalah tidak semua perusahaan manufaktur memberikan informasi mengenai aktivitas karbon mereka, karena pada umumnya informasi mengenai emisi karbon terdapat dalam laporan keberlanjutan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: P20108
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Emisi Karbon, Kinerja Lingkungan, Media Exposure, Nilai Perusahaan
Subjects: C > C76 Carbon
J > J59 Job satisfaction Performance Vocation
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Akuntansi
Depositing User: Mr Saino Saino
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:32
Last Modified: 10 Mar 2022 01:32
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15020

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year