Pengaruh Pemangkasan dan Pemberian Zat Pengatur Tumbuh IAA terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum Annuum L.)

DELI, Syekh Zulfadli Arofah (2016) Pengaruh Pemangkasan dan Pemberian Zat Pengatur Tumbuh IAA terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum Annuum L.). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (921kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Cabai merupakan tanaman sayuran buah semusim yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Permintaan dan harga cabai yang tinggi untuk kebutuhan rumah tangga dan industri merupakan potensi untuk meraup keuntungan bagi petani. Namun, permintaan yang tinggi belum mampu diimbangi oleh jumlah produksi cabai. Zat pengatur tumbuh merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi tanaman cabai. Keberhasilan aplikasi zat pengatur tumbuh bergantung pada konsentrasi zat tersebut. Pemangkasan pucuk tanaman dilakukan selain memperbanyak cabang juga untuk mengatur keseimbangan antara sitokinin dengan auksin pada ketiak daun di bawah ujung batang. Penelitian ini berupa percobaan pot dengan rancangan perlakuan faktorial 2 x 4. Faktor pertama yaitu pemangkasan terdiri atas tanpa pemangkasan dan pemangkasan, sedangkan faktor kedua yakni pemberian zat pengatur tumbuh terdiri atas taraf konsentrasi 0, 50, 100, dan 150 ppm. Semua kombinasi perlakuan dialokasikan ke dalam rancangan lingkungan Rancangan Acak Kelompok Lengkap dengan 3 ulangan. Setiap unit percobaan terdiri dari 2 pot tanaman cabai merah, tiap pot terdiri 1 tanaman. Variabel yang diamati pada percobaan ini yaitu tinggi tanaman, jumlah cabang, panjang batang, panjang akar, jumlah bunga, jumlah buah, bobot buah, bobot satuan buah, dan jumlah biji. Hasil pengukuran dianalisis menggunakan uji F dan dilanjutkan dengan Duncan’s Multiple Range Test 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemangkasan pucuk tanaman dan pemberian konsentrasi zat pengatur tumbuh IAA berpengaruh terhadap variabel pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah antara lain tinggi tanaman, panjang batang, jumlah cabang, panjang akar, jumlah bunga, buah dan biji. Pemangkasan pucuk tanaman berpengaruh menurunkan jumlah cabang dan meningkatkan panjang batang tanaman. Pemberian konsentrasi zat pengatur tumbuh IAA berpengaruh meningkatkan tinggi tanaman, jumlah bunga, panjang batang, jumlah buah dan biji, namun menurunkan panjang akar. Pemberian IAA pada konsentrasi 100 ppm menghasilkan pertumbuhan dan hasil tanaman yang baik dibanding konsentrasi lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16007
Uncontrolled Keywords: Budidaya Tanaman
Subjects: P > P335 Plants Growth
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 15 Mar 2022 04:08
Last Modified: 15 Mar 2022 04:08
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15059

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year