Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Perendaman pada Larutan Pulsing Garam Dapur dan Gula Pasir terhadap Kesegaran Bunga Potong Sedap Malam (Polianthes Tuberose L.)

TIMUR, Tania (2016) Pengaruh Perendaman pada Larutan Pulsing Garam Dapur dan Gula Pasir terhadap Kesegaran Bunga Potong Sedap Malam (Polianthes Tuberose L.). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (907kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (975kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sedap malam (Polianthes tuberose L.) merupakan salah satu tanaman hias yang populer dan penting baik dari aspek estetika dan nilai komersial. Bunga potong sedap malam merupakan komoditi yang mudah rusak dan berumur pendek. Kerusakan yang terjadi pada bunga potong sedap malam dapat disebabkan oleh penurunan mutu bunga. Salah satu cara untuk mempertahankan kesegaran bunga potong sedap malam adalah melakukan pengawetan dengan larutan pulsing. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh lama perendaman di larutan pulsing garam dapur dan gula pasir terhadap daya kesegaran bunga potong sedap malam, 2) mengetahui pengaruh konsentrasi garam dapur terhadap daya kesegaran bunga potong sedap malam, 3) mengetahui pengaruh konsentrasi gula pasir terhadap daya kesegaran bunga potong sedap malam, dan 4) mengetahui pengaruh pemberian kombinasi larutan garam dapur dan gula pasir terhadap daya kesegaran bunga potong sedap malam. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman pada Juli hingga Agustus 2015. Bahan penelitian menggunakan bunga potong sedap malam dalam kondisi ¾ mekar atau ditandai dengan mekar 2-3 kuntum bunga. Bunga berasal dari Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah. Rancangan percobaan yang digunakan adalah faktorial dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah (A0) Tanpa Perendaman, (A1) Lama Perendaman 2 jam, (A2) Lama Perendaman 4 jam. Faktor kedua adalah (N1) Akuades + 10% garam dapur, (N2) Akuades + 20% gula pasir, (N3) Akuades + 10% garam dapur + 20% gula pasir. Berdasarkan faktor yang dicoba terdapat 9 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan. Masing-masing kombinasi perlakuan terdiri dari 2 tangkai bunga. Variabel yang diamati adalah masa kesegaran/vase life, persentase mekar bunga, persentase layu bunga, persentase bunga gugur, diameter tangkai, penyerapan pulsing dan penyerapan holding. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanpa perendaman (kontrol) pada larutan pulsing memberikan pengaruh terbaik terhadap beberapa variabel yaitu masa kesegaran selama 8,88 hari, persentase mekar bunga sebesar 32,19%, dan penyerapan holding sebanyak 13,49 ml. Adapun macam larutan pulsing gula pasir memberikan hasil yang baik terhadap penyerapan pulsing sebanyak 2,53 ml. Interaksi lama perendaman dan macam larutan pulsing pada perlakuan kontrol memberikan pengaruh yang baik terhadap penyerapan pulsing yaitu sebanyak 3,24 ml .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16043
Uncontrolled Keywords: Sedap malam, larutan pulsing garam dapur, Kesegaran bunga
Subjects: F > F207 Flower arrangement
O > O155 Ornamental plants
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:17
Last Modified: 18 Mar 2022 02:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15099

Actions (login required)

View Item View Item