Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pupuk Mikroba Multiguna terhadap Sifat Kimia Tanah Terpilih, Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung (Zea Mays L.) pada Sistem Tanam Tumpangsari Kedelai – Jagung

PRASANTI, Diniyah Cahya (2016) Pengaruh Pupuk Mikroba Multiguna terhadap Sifat Kimia Tanah Terpilih, Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung (Zea Mays L.) pada Sistem Tanam Tumpangsari Kedelai – Jagung. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (986kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Pupuk Mikroba Multiguna (PMMG) terhadap beberapa sifat kimia tanah terpilih, pertumbuhan dan hasil tanaman jagung pada sistem tanam tumpangsari kedelai-jagung. Penelitian dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian di desa Karangwangkal, Purwokerto, sejak bulan Maret - Juli 2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapang, menggunakan rancangan petak terbagi. Main plot adalah penggunaan PMMG (M) terdiri dari M1 (Tanpa PMMG); M2 (Menggunakan PMMG). Sub plot adalah dosis pupuk anorganik (P) terdiri dari P0 (tanpa pupuk anorganik ); P1 (dosis pupuk anorganik 50% dari rekomendasi); dan P2 (dosis pupuk anorganik 100% dari rekomendasi). Pengamatan dilakukan pada kandungan N-total, pH, daya hantar listrik tanah, tinggi tanaman, diameter batang, indeks luas daun, laju pertumbuhan tanaman, laju asimilasi bersih, bobot tongkol per tanaman sampel, bobot tongkol per petak, dan bobot biji per petak. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan uji F dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Ganda Duncan (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel sifat kimia tanah terpilih, perlakuan PMMG dapat meningkatkan kandungan N-total, pH, daya hantar listrik tanah. Pada variabel pertumbuhan, perlakuan PMMG berpengaruh nyata pada seluruh variabel, yaitu tinggi tanaman, diameter batang, indeks luas daun, laju pertumbuhan tanaman, dan laju asimilasi bersih. Walaupun perlakuan PMMG berpengaruh pada variabel pertumbuhan, tetapi perlakuan PMMG tidak berpengaruh pada variabel hasil, yaitu bobot tongkol per tanaman sampel, bobot tongkol per petak, dan bobot biji per petak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16053
Uncontrolled Keywords: Pupuk Mikroba, Sifat Kimia Tanah,Tanaman Jagung, Tumpangsari Kedelai
Subjects: C > C856 Corn
F > F122 Fertilizers Herbicides
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:36
Last Modified: 06 Apr 2022 02:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15113

Actions (login required)

View Item View Item