Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Penampilan Genotipe Tanaman Kentang Varietas Granola, Atlantik, dan Tedjo MZ di Dataran Medium Pasca Radiasi Sinar Gamma

FITRIANTO, Agung Prasetyo (2016) Penampilan Genotipe Tanaman Kentang Varietas Granola, Atlantik, dan Tedjo MZ di Dataran Medium Pasca Radiasi Sinar Gamma. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (880kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (887kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan tanaman kentang selama ini berada di dataran tinggi, dan menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap lingkungan. Sehingga diperlukan alternatif untuk mengatasi hal tersebut menggunakan teknik pemuliaan tanaman yaitu induksi mutasi dengan mutagen sinar gamma. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengaruh radiasi sinar gamma terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kentang. 2). Mengetahui pengaruh radiasi sinar gamma terhadap variabel kualitatif tanaman kentang. 3). Mengetahui mutan - mutan yang unggul dari segi produksi dan sifat ketahanan terhadap penyakit. Penelitian dilaksanakan dari bulan November 2014 sampai dengan bulan Maret 2015, bertempat di lahan percobaan Desa Karang Tengah, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Ketinggian lahan percobaan adalah 388 (m dpl). Penelitian menggunakan rancangan bersekat (Augmented Design) dengan rancangan dasar Rancangan Acak Kelompok (RAK) menggunakan 3 varietas kentang sebagai pembanding yaitu Atlantik, Granola, dan Tedjo MZ dengan 4 perlakuan. Perlakuan yang di coba meliputi: 0 (kontrol), 15, 25, dan 35 Gy dengan ulangan hanya pada kontrol. Variabel yang diamati meliputi persentase tanaman hidup, waktu tumbuh tanaman, tinggi tanaman, jumlah batang, diameter batang, jumlah daun, susunan daun, warna daun, frekuensi daun menyimpang, berbunga atau tidak, warna mahkota bunga, diameter umbi, bentuk umbi, warna kulit umbi, warna daging umbi, jumlah umbi, bobot total umbi per tanaman, rerata bobot umbi, bobot tanaman segar, bobot tanaman kering, kebiasaan tumbuh, dan umur panen. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji F, apabila berbeda nyata dilanjutkan dengan uji LSI (Least Significant Increase). 1). Hasil penelitian dari perlakuan radiasi sinar gamma 15, 25, dan 35 Gy yang menunjukkan keunggulan dari segi pertumbuhan yaitu pada variabel persentase tanaman hidup, tinggi tanaman, diameter batang, dan jumlah daun, sedangkan dari segi produksi pada variabel bobot total umbi per tanaman dan rerata bobot umbi. 2). Perlakuan radiasi sinar gamma memberikan pengaruh yang berbeda dengan tanaman kontrol pada variabel bentuk daun, frekuensi daun menyimpang, kebiasaan tumbuh, bentuk umbi, dan sifat ketahanan terhadap penyakit. 3). Mutan yang memberikan keunggulan dalam segi ketahanan terhadap penyakit, bobot total umbi per tanaman, dan bobot umbi adalah mutan D1-A11, D2-A11, D2-A4, D1-G1, D1G2, D3-G11, D3-G12, dan D2-M11.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16060
Uncontrolled Keywords: Budidaya Kentang
Subjects: P > P315 Plant breeding
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:12
Last Modified: 06 Apr 2022 03:12
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item