Jenis Hama dan Penyakit Utama pada Tanaman Pepaya dan Pola Sebarannya di Desa Karangcegak Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas

VARIANTORO, Rendragraha (2016) Jenis Hama dan Penyakit Utama pada Tanaman Pepaya dan Pola Sebarannya di Desa Karangcegak Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (916kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (989kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman pepaya (Carica papaya L.) merupakan tanaman yang menguntungkan. Banyak, petani yang bermodal di Desa Karangcegak Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas mengusahakan tanaman tersebut. Masalah yang dihadapi oleh mereka adalah adanya gangguan hama dan patogen yang menyerang tanaman pepaya. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui jenis hama dan penyakit utama yang berada pada tanaman pepaya di Desa Karangcegak, 2). Mengetahui pola sebaran hama dan penyakit utama pada pertanaman pepaya tersebut, dan 3). Mengetahui faktor lingkungan yang mempengaruhi penyebaran hama dan penyakit utama pada pertanaman pepaya tersebut. Metode yang digunakan yaitu survai dengan dengan cara sensus pada lima blok yang terdiri masing-masing 25 tanaman. Sampel tanaman pepaya yang terserang hama dan patogen dideskripsikan berdasarkan tanda dan gejala serangan menggunakan analisis laboratorium, kemudian dicocokan dengan buku teks yang mendukung penelitian, selanjutnya dilakukan perhitungan frekuensi kemunculan, serta persentase populasi yang disebabkan oleh hama dan penyakit. Hasil penelitian menunjukan ada tiga jenis hama dan satu penyakit. Hama dan penyakit tanaman tersebut adalah kutu putih (Paracoccus marginatus), bekicot (Achatina fulica), kutu sisik (Pseudaulacaspis sp.), dan penyakit antraknosa (Colletotrichum sp.). Hama yang lebih dominan menyerang pertanaman pepaya adalah bekicot dengan frekuensi kemunculan sebanyak 71 kali pada minggu pertama dan 49 pada minggu ketiga. Total frekuensi kemunculan hama paling tinggi oleh hama bekicot 56,8% pada minggu pertama dan 39,2% pada minggu ketiga, hama kutu putih 20,8% pada minggu pertama dan 13,6% pada minggu ketiga, hama kutu sisik 16,8% pada minggu pertama dan 11,2% pada minggu ketiga, sedangkan penyakit antraknosa 27,2% pada minggu pertama dan 12,8% pada minggu ketiga. Pola sebaran dua hama mengelompok, kecuali hama bekicot yaitu teratur, sedangkan pola sebaran penyakit antraknosa pada lahan pertanaman pepaya adalah acak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16105
Subjects: F > F410 Fruit Diseases and pests
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:40
Last Modified: 06 Apr 2022 02:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15159

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year