Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kentang Atlantik dengan Kombinasi Jenis Pupuk dan Mulsa pada Sistem Guludan Horizontal dan Aplikasi Biochar

FAHMI, Ismail (2016) Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kentang Atlantik dengan Kombinasi Jenis Pupuk dan Mulsa pada Sistem Guludan Horizontal dan Aplikasi Biochar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (911kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (906kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (909kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Budidaya kentang di dataran tinggi dengan guludan vertikal dan penggunaan pupuk kimia secara terus – menerus dapat menyebabkan erosi dan menurunnya kesuburan tanah. Sistem guludan horizontal dengan kombinasi penggunaan pupuk dan mulsa organik serta penambahan biochar disinyalir mampu mengurangi tingkat erosi dan menjaga ketersediaan unsur hara dalam tanah. Penelitian yang mengkaji hal tersebut belum dilakukan secara komprehensif. Tujuan penelitian adalah 1) mengidentifikasi hubungan jenis pupuk dan mulsa dengan pertumbuhan dan hasil tanaman kentang atlantik dan, 2) mengetahui kombinasi jenis pupuk dan mulsa yang optimal untuk pertumbuhan dan hasil tanaman kentang atlantik pada sistem guludan horizontal dan aplikasi biochar. Penelitian dilaksanakan di Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga serta di Laboratorium Teknologi Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman. Enam demplot percobaan masing – masing berukuran 3 x 6 m2 disiapkan untuk kombinasi perlakuan pupuk dan mulsa, yaitu mulsa plastik pupuk organik (M1P1), mulsa jerami pupuk organik (M2P1), tanpa mulsa pupuk organik (M0P1), mulsa plastik pupuk anorganik (M1P2), mulsa jerami pupuk anorganik (M2P2), dan tanpa mulsa pupuk anorganik (M0P2). Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun majemuk, diameter batang, bobot basah biomassa, bobot kering biomassa, bobot umbi dan jumlah umbi hasil panen. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan pupuk anorganik memiliki interaksi berbeda nyata terhadap variabel diameter tanaman, mulsa jerami memiliki interaksi berbeda nyata terhadap tinggi tanaman sedangkan mulsa plastik berbeda nyata terhadap variabel jumlah daun majemuk, diameter batang, dan bobot umbi hasil panen. Kombinasi M2P1 menunjukkan hasil optimal terhadap tinggi tanaman, kombinasi M1P1 menunjukkan hasil optimal terhadap jumlah daun majemuk dan diameter batang, dan kombinasi M1P2 menunjukkan hasil optimal terhadap bobot umbi hasil panen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16116
Subjects: F > F66 Farms
P > P335 Plants Growth
P > P455 Potatoes
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:14
Last Modified: 06 Apr 2022 03:14
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15187

Actions (login required)

View Item View Item