Analisis Jalur Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas

NURJANAH, Beny (2016) Analisis Jalur Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (576kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (970kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecamatan Cilongok merupakan salah satu daerah rawan pangan yang ada di Kabupaten Banyumas. Desa Sambirata merupakan salah satu desa di Kecamatan Cilongok dimana lebih dari 50 persen penduduknya tergolong miskin, yaitu 833 kepala keluarga dari jumlah penduduk 1634 kepala keluarga. Berdasarkan kondisi tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui volume konsumsi rumah tangga di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. (2) Menganalisis faktor sosial ekonomi yang berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap ketahanan pangan rumah tangga di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan menggunakan rancangan pengambilan sampel Simple Random Sampling untuk menentukan masyarakat responden. Diperoleh 32 responden dari perhitungan sampel Simple Random Sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Rata-rata pengeluaran konsumsi pangan masyarakat responden di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas sebesar Rp584.682,00 atau 35,59 persen dari pengeluaran total rumah tangga setiap bulan. Sedangkan rata-rata pengeluaran konsumsi non pangan sebesar Rp1.058.075,00 atau 64,41 persen dari pengeluaran total rumah tangga setiap bulan. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas adalah jumlah anggota keluarga, konsumsi pangan rumah tangga dan pendapatan kepala rumah tangga. Pengaruh langsung terbesar terhadap ketahanan pangan rumah tangga adalah pendapatan kepala rumah tangga. Jalur tidak langsung yang paling berpengaruh terhadap ketahanan pangan rumah tangga adalah pendapatan melalui konsumsi pangan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16122
Subjects: F > F273 Food supply
H > H273 Household budgets
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:31
Last Modified: 06 Apr 2022 03:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15193

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year