Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Aplikasi Kapsul Mikoriza dan Pengurangan Pupuk N-P-K terhadap Kebutuhan Air, Sifat Fisik Tanah dan Pertumbuhan Tanaman Paprika di Tanah Ultisol

HARTATI, Tati (2016) Aplikasi Kapsul Mikoriza dan Pengurangan Pupuk N-P-K terhadap Kebutuhan Air, Sifat Fisik Tanah dan Pertumbuhan Tanaman Paprika di Tanah Ultisol. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (908kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Paprika (Capsicum annuum var. grossum L.) merupakan salah satu komoditas sayuran penting yang dibudidayakan. Salah satu usaha untuk menunjang peningkatan produksi paprika adalah melalui teknologi budidaya dengan pemberian pupuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Mengetahui pengaruh kapsul pupuk hayati mikoriza dan pengurangan dosis pupuk N, P, dan K terhadap kebutuhan air tanaman dan titik layu permanen di tanah ultisol pada pertanaman paprika. 2). Mengetahui pengaruh kapsul pupuk hayati mikoriza dan pengurangan dosis pupuk N, P, dan K terhadap beberapa sifat fisik tanah ultisol (PAM, BC, BBW, BJI, BJP, porositas). 3). Mengetahui pengaruh kapsul pupuk hayati mikoriza dan pengurangan dosis pupuk N, P, dan K terhadap pertumbuhan tanaman paprika di tanah ultisol. Penelitian ini dilaksanakan di screen house Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas pada bulan Mei – November 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial 3x3 dengan 3 kali ulangan. Faktor yang dicoba meliputi dosis kapsul pupuk hayati mikoriza yaitu: dosis 0 kapsul, dosis 3 kapsul, dosis 6 kapsul dan pengurangan dosis anjuran pupuk N-P-K yaitu pengurangan 0%, 50%, 100%. Variabel pengamatan meliputi: titik layu permanen, kebutuhan air tanaman, berat jenis isi, berat jenis partikel, batas cair, batas berubah warna, persediaan air maksimum, porositas, tinggi tanaman, bobot tanaman segar dan kering. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan uji F dilanjutkan dengan pengujian DMRT (Duncan’s multiple Range Test) pada taraf kesalahan 5% jika berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji faktorial regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kapsul pupuk hayati mikoriza dan pengurangan dosis anjuran pupuk Urea, SP-36, dan KCl tidak memberikan pengaruh terhadap BJI, BJP, BC, BBW, PAM, tinggi tanaman, bobot tanaman segar dan kering, tetapi mempengaruhi nilai kebutuhan air tanaman sampai 90,31%, titik layu permanen sampai 77,58% dan porositas sampai 48,14%. Nilai titik layu permanen dan kebutuhan air tanaman yang tertinggi pada pengurangan N-P-K dosis 0% (P0) dengan nilai titik layu permanen 21,81% dan kebutuhan air tanaman 1,08 liter, Nilai porositas yang tertinggi pada pemberian 6 kapsul mikoriza (M2) yaitu 57,64%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16123
Uncontrolled Keywords: Pemupukan, Budidaya Tanaman
Subjects: F > F121 Fertilizers
P > P335 Plants Growth
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:14
Last Modified: 23 Mar 2022 04:14
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15195

Actions (login required)

View Item View Item