Kontribusi Pendapatan Usahatani Sayuran di Pekarangan terhadap Pendapatan Rumah Tangga (Studi Kasus pada Kelompok Wanita Tani Cipto Roso 3 Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas)

SETYATI, Zipora (2016) Kontribusi Pendapatan Usahatani Sayuran di Pekarangan terhadap Pendapatan Rumah Tangga (Studi Kasus pada Kelompok Wanita Tani Cipto Roso 3 Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (892kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (897kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (897kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan rumah tangga dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan. Selain itu, pemanfaatan pekarangan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, pelestarian tanaman untuk masa depan, serta meingkatkan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. KWT Cipto Roso 3 merupakan sebuah kelompok tani yang anggotanya terdiri atas ibu rumah tangga. Salah satu kegiatan KRPL yang dilaksanakan di KWT Cipto Roso 3 yaitu usahatani pekarangan dimana masingmasing anggota menanam berbagai jenis sayuran seperti terong, tomat, cabai, kembang kol, pare, selada air, seledri, muncang dan pakcoy. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pola pemanfaatan pekarangan dengan tanaman sayuran dan mengetahui kontribusi pendapatan usahatani tanaman sayuran yang diperoleh anggota KWT Cipto Roso 3 dalam kegiatan KRPL di Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas terhadap pendapatan rumah tangga. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengambilan data dilaksanakan secara sensus terhadap 32 orang responden pada 21 September sampai 21 Oktober 2015. Sasaran penelitian ini adalah anggota KWT Cipto Roso 3 Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas yang melaksanakan kegiatan KRPL tahun 2015. Metode analisis yang digunakan adalah: analisis deskriptif, biaya, penerimaan, pendapatan dan kontribusi pendapatan terhadap pendapatan rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pemanfaatan lahan pekarangan anggota KWT Cipto Roso 3 tidak ditemukan tanaman yang diusahakan secara monokultur, tetapi diusahakan dengan menanam 9 jenis sayuran. Responden melaksanakan kegiatan usahatani sayuran menggunakan media polibag yang diletakkan langsung di pekarangan atau diletakkan di atas rak yang dibuat dari bambu atau kayu dan membuat bedengan. Jenis sayuran yang ditanam terdiri dari terong, tomat, cabai, kembang kol, pare, selada air, muncang, seledri dan pakcoy. Hasil analisis pada usahatani sayuran di pekarangan (on farm) selama satu bulan menunjukkan bahwa rata-rata pengeluaran sebesar Rp179.685,40, rata-rata penerimaan sebesar Rp614.359,37, rata-rata pendapatan sebesar Rp434.673,97. Total pendapatan rumah tangga Rp1.394.611,47 dan kontribusi pendapatan usahatani sayuran di pekarangan terhadap pendapatan rumah tangga sebesar 31,17 persen, artinya kegiatan usahatani sayuran di pekarangan bukan mata pencaharian utama, tetapi sebagai pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga khususnya sayuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16131
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Usahatani, Sayuran, Rumah Tangga
Subjects: H > H273 Household budgets
I > I60 Income
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:58
Last Modified: 28 Mar 2022 07:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15209

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year