Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pemberian Kompos Nilam dan POC Diperkaya Khamir Bambu (POC+Kb) terhadap Pertumbuhan dan Hasil Padi Gogo (Oryza Sativa L) pada Tanah Ultisol

HATMANTHO, Beny Dwi (2016) Pengaruh Pemberian Kompos Nilam dan POC Diperkaya Khamir Bambu (POC+Kb) terhadap Pertumbuhan dan Hasil Padi Gogo (Oryza Sativa L) pada Tanah Ultisol. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (907kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (891kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (986kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh aplikasi kompos Nilam terhadap pertumbuhan dan hasil padi gogo, 2) mengetahui pengaruh aplikasi POC +kb terhadap pertumbuhan dan hasil padi gogo, 3) mengetahui pengaruh interaksi aplikasi kompos Nilam dan POC untuk pertumbuhan dan hasil padi gogo. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 2 faktor dan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah aplikasi kompos Nilam (N), terdiri atas 3 taraf yaitu 0 g/pot atau setara dengan 0 ton/ha (N0), 200 g/pot atau setara dengan 40 ton/ha (N1), 400g/pot atau setara dengan 80 ton/ha (N2). Faktor kedua adalah aplikasi pupuk POC+kb , terdiri atas 4 taraf yaitu 0 ml/pot atau setara dengan 0 L/ha (C0), 0,05 ml/pot atau setara dengan 10 L/ha (C1), 0,10 ml/pot atau setara dengan 20 L/ha (C2), dan 0,20 ml/pot atau setara dengan 40 L/ha (C3). Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah anakan per rumpun, jumlah anakan produktif per rumpun, bobot jerami segar, bobot jerami kering, bobot akar kering, panjang malai per rumpun, jumlah gabah per malai, jumlah gabah isi per rumpun, jumlah gabah hampa per rumpun, bobot gabah isi per rumpun, dan bobot gabah hampa per rumpun. Data dianalisis menggunakan uji F, jika sangat berbeda nyata dilanjutkan dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf kepercayaan 95 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi kompos Nilam meningkatkan tinggi tanaman fase awal vegetatif, tinggi tanaman fase awal generatif, jumlah anakan per rumpun awal vegetatif, jumlah anakan per rumpun awal generatif, jumlah anakan produktif per rumpun, bobot kering akar, panjang malai, bobot jerami segar, bobot jerami kering, bobot gabah hampa per rumpun dan jumlah gabah hampa per rumpun. Aplikasi POC+kb tidak meningkatkan semua variabel pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo. Tidak terdapat interaksi antara kompos Nilam dan POC+kb dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16140
Uncontrolled Keywords: Kompos Nilam, POC+kb, Padi Gogo
Subjects: C > C463 Clay Compost Fertilizers
P > P335 Plants Growth
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:22
Last Modified: 28 Mar 2022 07:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15238

Actions (login required)

View Item View Item