Tanggap Pertumbuhan dan Hasil Padi Gogo (Oryza Sativa L.) pada Pemberian Kompos Nilam dan Pupuk Organik Cair Diperkaya Khamir Bambu pada Tanah Ultisol

WALUYO, Seno Aji (2016) Tanggap Pertumbuhan dan Hasil Padi Gogo (Oryza Sativa L.) pada Pemberian Kompos Nilam dan Pupuk Organik Cair Diperkaya Khamir Bambu pada Tanah Ultisol. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (900kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (895kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (906kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

Produktivitas padi gogo pada lahan kering (ultisol) masih rendah dapat ditingkatkan melalui pertanaman di lahan kering, salah satunya pada lahan Ultisol. Peningkatan produktivitas Ultisol dapat dilakukan melalui penambahan bahan organik, salah satunya dengan pemberian kompos limbah Nilam dan POC. Pembuatan POC dapat diperkaya dengan mikroba, salah satu mikroba yang dapat digunakan adalah Khamir-bambu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh pemberian kompos Nilam pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo, 2) mengetahui pengaruh pemberian dan POC +kb pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo, 3) mengetahui interaksi kompos Nilam dan POC terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo, 4) memilih takaran POC +kb dan kompos Nilam terbaik atas dasar pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo pada Ultisol. Rancangan percobaan yang digunakan adalah RAKL faktorial dengan 2 faktor dan 3 kali ulangan. Faktor pertama yaitu takaran kompos Nilam dengan 3 taraf, yaitu 0 g/pot atau setara dengan 0 ton/ha, 200 g/pot atau setara dengan 40 ton/ha dan 400 g/pot atau setara dengan 80 ton/ha. Faktor kedua yaitu takaran POC +kb dengan 4 taraf, yaitu 0 ml/pot atau setara dengan 0 L/ha, 0,05 ml/pot atau setara dengan 10 L/ha, 0,10 ml/pot atau setara dengan 20 L/ha dan 0,20 ml/pot atau setara dengan 40 L/ha. Variabel yang diamati meliputi tinggi tanaman, jumlah anakan total dan produktif, bobot akar kering, panjang malai, bobot jerami basah dan kering, bobot gabah isi dan hampa, jumlah gabah, jumlah gabah isi dan hampa. Data dianalisis menggunakan uji F, jika sangat berbeda nyata dilanjutkan dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf kepercayaan 95 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pemberian kompos Nilam meningkatkan jumlah anakan produktif dari 18 menjadi 19 batang/rumpun; bobot jerami kering dari 49,90 menjadi 84,04 g/rumpun; dan jumlah gabah dari 38 menjadi 60 bulir/malai, 2) pemberian POC +kb tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil padi gogo 3) pemberian kompos Nilam dan POC +kb terbaik yaitu pada 40 ton kompos Nilam/ha dan tanpa POC (N1C0), 4) memilih takaran gabungan antara kompos Nilam POC +kb terbaik atas dasar partumbuhan dan hasil tanaman padi gogo pada Ultisol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16153
Uncontrolled Keywords: Kompos Nilam, Pupuk Organic Cair Diperkaya Khamir Bamboo (POC +kb), Padi Gogo
Subjects: F > F121 Fertilizers
P > P335 Plants Growth
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:53
Last Modified: 28 Mar 2022 02:53
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15271

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year