Perancangan Model Perencanaan dan Pengendalian Produksi Pabrik Pelumas Bio Food Grade Grease Berbahan Dasar Minyak Sawit Skala Industri Kecil Pedesaan

NOORLIZA, Maudina (2016) Perancangan Model Perencanaan dan Pengendalian Produksi Pabrik Pelumas Bio Food Grade Grease Berbahan Dasar Minyak Sawit Skala Industri Kecil Pedesaan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (985kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (977kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (983kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas hasil perkebunan yang melimpah di Indonesia. Salah satu hasil inovasi terkini produk hilir industri kelapa sawit adalah bio food grade grease. Bio food grade grease merupakan pelumas yang pada dasarnya memiliki fungsi pelumasan yang sama dengan grease non-food grade yang terbuat dari minyak bumi. Rata-rata industri kecil menengah masih menggunakan grease non-food grade untuk melumasi mesinnya. Namun, penggunaan grease tersebut masih dinilai kurang aman bila diaplikasikan kepada mesin pengolahan untuk pangan, farmasi, dan sebagainya karena bila kontak langsung dengan produk dan terkonsumsi dapat membahayakan kesehatan. Melihat kondisi tersebut, bio food grade grease adalah solusi aman sebagai pengganti grease tersebut karena sifatnya yang ramah lingkungan, biodegradable dan tidak beracun. Sampai saat ini di Indonesia belum ada industri kecil pedesaan yang memproduksi pelumas bio food grade grease. Salah satu kendala yang ada yaitu, kurangnya informasi mengenai manajemen operasional terutama pada sistem perencanaan dan pengendalian produksi pelumas bio food grade grease yang dapat diterapkan pada industri kecil pedesaan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pola pertumbuhan UMKM di Indonesia; 2) Mengetahui perkiraan kebutuhan pelumas bio food grade grease di daerah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Cilacap; 3) Mengetahui perencanaan pengadaan bahan baku. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juni hingga Oktober 2015 bertempat di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Cilacap, dan Banjarnegara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kebijakan. Tahapan penelitian yang dilakukan dimulai dengan survei pengumpulan data jumlah UMKM Nasional dan kabupaten, serta data pemakaian bio food grade grease. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis dengan pendekatan matematis untuk memperoleh model pola pertumbuhan UMKM dan kebutuhan bio food grade grease yang digunakan untuk membuat perencanaan produksi. Setelah itu, ditetapkan target pemasaran, perencanaan target wilayah pemasaran, penjadwalan rencana produksi, dan terakhir adalah perencanaan pengadaan bahan baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pertumbuhan UMKM di Indonesia mengikuti model Y = 1252635X + 52700941. Kebutuhan pelumas bio food grade grease di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Cilacap, dan Banjarnegara pada tahun 2016 perkirakan sebesar 216.508,3 Kg/tahun atau 601,4 Kg/hari. Pengadaan bahan baku minyak sawit dihitung dengan metode Economic Order Quantity untuk pembelian optimal sebesar 969,9 Kg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16161
Uncontrolled Keywords: Analisis Industri Kecil
Subjects: O > O74 Oils and fats
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:35
Last Modified: 06 Apr 2022 07:35
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15283

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year