Pengaruh Komposisi Pupuk NP Zeolit Granul terhadap Sifat Kimia Tanah, Pertumbuhan dan Serapan N oleh Bawang Merah (Allium Ascalonicum. L) pada Inceptisol

NUGROHO, Dani Eko Wisnu Widhi (2016) Pengaruh Komposisi Pupuk NP Zeolit Granul terhadap Sifat Kimia Tanah, Pertumbuhan dan Serapan N oleh Bawang Merah (Allium Ascalonicum. L) pada Inceptisol. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (904kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum. L) merupakan salah satu komoditas sayuran unggulan yang sejak lama telah diusahakan oleh petani secara intensif. Sebagai komoditas tanaman sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat, potensi pengembangan bawang merah masih terbuka lebar tidak hanya untuk kebutuhan dalam negeri tetapi juga luar negeri. Fluktuasi harga bawang merah dan tingginya harga bawang merah pada saat-saat tertentu masih menjadi permasalahan. Harga bawang merah yang seringkali berfluktuasi karena produksi bersifat musiman, dimana harga turun pada musim panen dan harga naik diluar musim panen. Oleh karena itu, pasokan dan harga bawang merah perlu distabilkan melalui perbaikan manajemen serta teknologi produksi. Salah satu program intensifikasi yang penting dalam peningkatan produksi yaitu pemupukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh komposisi pupuk NP Zeolit Granul terhadap sifat kimia tanah dan serapan N oleh tanaman bawang merah. 2) pengaruh komposisi pupuk NP Zeolit Granul terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah pada tanah Inceptisol. 3) komposisi pupuk NP Zeolit Granul yang paling baik pengaruhnya dalam meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kebanggan, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas dan di Laboratorium Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Penelitian ini berlangsung selama sembilan bulan dan dilaksanakan pada Maret 2015 sampai dengan Desember 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design), dengan 2 faktor dan 3 kali ulangan. Sebagai faktor pertama ialah varietas bawang merah yang terdiri atas 2 taraf yaitu: V1 = varietas Bima Curut dan V2 = varietas Bangkok Warso. Faktor kedua ialah perlakuan kombinasi pupuk NP Zeolit granul (pupuk N Zeolit granul : Batuan Fosfat Alam) yang terdiri dari enam taraf yaitu: tanpa pupuk (Ko), 1 : 1 (NP1), 1 : 1,5 (NP2), 1 : 2 (NP3), 1 : 2,5 (NP4), dan 1 : 3 paket perlakuan (NP5). Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, bobot kering tajuk,bobot kering umbi, pH-H2O, DHL, N- tersedia, N-total tanah, dan N jaringan tanaman serta serapan N. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas sebagai pengaruh mandiri berpengaruh nyata terhadap variabel tinggi tanaman. Komposisi pupuk sebagai pengaruh mandiri berpengaruh nyata terhadap sifat kimia tanah yaitu pH H2O dan DHL, sedangkan pada variabel pertumbuhan bawang merah hanya tinggi tanaman dan bobot kering umbi. Tidak terdapat interaksi antara komposisi pupuk dengan varietas terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16164
Uncontrolled Keywords: Bawang Merah, Zeolit, Batuan Fosfat Alam
Subjects: F > F120 Fertilization of plants
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 29 Mar 2022 04:27
Last Modified: 29 Mar 2022 04:27
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15294

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year