Analisis Energi Fluid Solar Thermal Storage Menggunakan Phase Change Material (PCM) Organik pada Konsentrator Surya Tipe Parabola

LATIFAH, Lufti (2016) Analisis Energi Fluid Solar Thermal Storage Menggunakan Phase Change Material (PCM) Organik pada Konsentrator Surya Tipe Parabola. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (907kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (961kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (957kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Energi surya merupakan salah satu energi terbarukan yang sudah mulai dikembangkan di Indonesia, terbukti dengan adanya pemanfaatan teknologi seperti sel surya, water heater, kompor surya dan lain-lain di berbagai wilayah Indonesia. Adapun pemanfaatan secara tradisional telah dilakukan masyarakat sejak dulu contohnya untuk proses pengeringan bahan. Kendala yang dialami dalam pemanfaatan energi matahari yaitu pada saat radiasi rendah yaitu pada saat musim penghujan, atau pada saat mendung maka energi matahari tidak dapat dijadikan sebagai sumber energi terbarukan. Oleh karena itu dilakukan penelitian Solar Thermal Storage (STS) dengan menggunakan parafin sebagai Phase Change Material (PCM) organik. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu agar energi matahari sebagai energi terbarukan dapat termanfaatkan pada saat kondisi tidak terdapat radiasi matahari seperti pada saat hujan dan mendung. Tujuan dari penelitian ini terdiri dari (1) mengetahui efisiensi energi pada sub sistem konsentrator surya tipe parabola dan sub sistem solar thermal storage (STS), (2) mengetahui kapasitas maksimum panas yang dapat disimpan oleh parafin sebagai Phase Change Material (PCM) organik, (3) mengetahui kesetimbangan energi pada sub sistem konsentrator surya tipe parabola dan sub sistem solar thermal storage. Penelitian dilakukan dengan cara pengukuran beberapa titik pengukuran yang telah ditentukan sesuai dengan kebutuhan analisis data. Pengukuran data diambil dengan menggunakan beberapa alat seperti hybrid recorder, thermocouple, termometer infrared, hygrometer, dan anemometer. Pengambilan data dilakukan setiap 5 menit sekali dari pukul 08.00–16.00 WIB dengan 5 kali ulangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan persamaan-persamaan matematis berdasarkan referensi yang sesuai. Penelitian dilaksanakan pada musim penghujan, sehingga hasil yang didapatkan kurang maksimal. Penelitian bertempat di depan Laboratorium Teknologi Pertanian. Efisiensi energi sub sistem konsentrator surya parabola dan sub sistem Solar Thermal Storage (STS) masing-masing sebesar 3,399 % dan 1,167 %. Kapasitas panas yang dapat disimpan parafin yaitu dalam bentuk panas sensibel dengan nilai terbesar adalah 180,4 joule pada saat radiasi 30 W/m 2 dengan temperatur parafin 31,5 °C pada waktu pengukuran pukul 15:55 WIB. Kesetimbangan energi pada sub sistem konsentrator parabola menghasilkan nilai Est atau energi yang tersimpan dalam sub sistem sebesar 52,630 Watt. Reaksi perpindahan panas terjadi secara eksoterm, yaitu laju perpindahan panas berpindah dari sistem ke lingkungan. Sedangkan kesetimbangan energi pada sub sistem Solar Thermal Storage (STS) menghasilkan nilai Est atau energi yang tersimpan dalam sub sistem sebesar 81 Watt. Reaksi perpindahan panas terjadi secara endoterm, yaitu laju perpindahan panas berpindah dari lingkungan ke sistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16167
Uncontrolled Keywords: Energi Surya
Subjects: S > S481 Solar energy
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:47
Last Modified: 31 Mar 2022 01:47
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15302

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year