Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Petani dalam Usahatani Tembakau di Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo

HIDAYAT, Fahmi (2016) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Petani dalam Usahatani Tembakau di Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (597kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (638kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf

Download (658kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

Kecamatan Kalikajar merupakan salah satu daerah penghasil tembakau di Kabupaten Wonosobo. Komoditas tembakau merupakan komoditas yang mempunyai nilai komersial yang cukup tinggi dalam bidang pertanian, namun tidak jarang kendala dan resiko yang harus dihadapi petani dalam mengusahakan komoditas tembakau. Keputusan petani dalam mengusahakan menjadi penting dalam keberhasilan dan keberlanjutan usahatani tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengidentifikasi karakteristik petani tembakau dan proses pengambilan keputusan dalam melakukan usahatani tembakau, 2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan petani dalam melakukan usahatani tembakau. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo pada bulan November 2015 sampai dengan Desember 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan jumlah sampel sebanyak 65 petani tembakau. Pengambilan sampel petani ditentukan dengan menggunakan metode stratified random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) karakteristik petani tembakau di Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo didominasi oleh kelompok umur 41 sampai 50 tahun, tingkat pendidikan Sekolah Dasar, pengalaman usahatani lebih dari 8 tahun dan tanggungan keluraga didominasi dengan jumlah tanggungan keluarga 3-5 orang. Proses pengambilan keputusan petani tembakau diketahui memiliki dominasi motivasi utama meningkatkan pendapatan dan manfaatnya sebagai pendapatan utama, sumber informasi terbanyak dari keluarga, sebagian besar petani mempertimbangkan mudah budidayanya, keputusan dilakukan sudah terencana dan petani cukup puas dengan hasil produksi yang diperoleh. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam berusahatani tembakau di Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo yaitu terdapat 3 faktor utama yang mempengaruhi, yaitu faktor utama pertama terdiri dari peran keluarga, pengalaman sebelumnya, mudah budidayanya dan pendapatan. Faktor utama kedua terdiri dari harga dan hubungan sesama petani dan faktor utama ketiga terdiri dari peran media informasi dan kebiasaan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16209
Uncontrolled Keywords: Tembakau, Karakteristik Petani, Keputusan Petani, Analisis Faktor
Subjects: F > F65 Farmers
T > T219 Tobacco industry
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:37
Last Modified: 31 Mar 2022 07:37
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15345

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year