Motivasi Berprestasi Anggota Kelompok terhadap Fungsi Kelompok serta Hubungannya dengan Faktor Internal dan Eksternal Petani (Studi Kasus pada Gapoktan Ngudi Makmur Desa Kataan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung)

MURTOFIQ, Amin (2016) Motivasi Berprestasi Anggota Kelompok terhadap Fungsi Kelompok serta Hubungannya dengan Faktor Internal dan Eksternal Petani (Studi Kasus pada Gapoktan Ngudi Makmur Desa Kataan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (901kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (938kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Petani diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengelola usaha tani. Pendekatan kelompok dipandang lebih efisien dan dapat menjadi media belajar dan berinteraksi bagi para petani, sehingga diharapkan terjadi perubahan perilaku petani ke arah yang lebih baik. Kelompok tani diharapakan mampu mewadahi kegiatan usaha tani yang bersifat kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu sehingga menimbulkan manfaat bagi anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) motivasi berprestasi anggota kelompok terhadap fungsi kelompok, dan 2) hubungan motivasi berprestasi anggota kelompok terhadap fungsi kelompok dengan faktor internal dan eksternal petani. Penelitian ini dilaksanakan di Gapoktan Ngudi Makmur Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung pada tanggal 27 Januari sampai dengan 20 Februari 2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu Proportional Simple Random Sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis motivasi berprestasi dengan bantuan Likert Summated Rating dan korelasi Kendall Tau. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi berprestasi anggota kelompok terhadapat fungsi kelompok secara keseluruhan berada dalam kategori tinggi yang digambarkan oleh motivasi berprestasi aspek kesediaan mengorbankan waktu (tinggi), motivasi berprestasi aspek kesediaan mengorbankan biaya (tinggi), motivasi berprestasi aspek kesediaan menanggung resiko atas adopsi inovasi (tinggi) dan motivasi berprestasi aspek kesediaan mencari informasi (tinggi), dan 2) faktor internal petani yang mempunyai hubungan signifikan dengan motivasi berprestasi anggota kelompok terhadap fungsi kelompok yaitu umur dan pendidikan, sedangkan jumlah tanggungan dalam keluarga, luas lahan dan pengalaman usaha tani mempunyai hubungan yang tidak signifikan dengan motivasi berprestasi anggota kelompok terhadap fungsi kelompok. Faktor eksternal petani baik peran pamong desa maupun peran petugas penyuluh lapangan mempunyai hubungan yang tidak signifikan dengan motivasi berprestasi anggota kelompok terhadap fungsi kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16217
Uncontrolled Keywords: Kelompok Petani, Motivasi Berprestasi
Subjects: A > A31 Achievement motivation
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:09
Last Modified: 01 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15363

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year