Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Uji Kinerja Sistem Irigasi Sprinkler (Model: Butterfly Rotary, Tipe: MS318A) pada Lahan Tumpangsari Kentang Atlantik dan Teh dengan Variasi Jenis Mulsa

CAHYO, Irawan Dwi (2016) Uji Kinerja Sistem Irigasi Sprinkler (Model: Butterfly Rotary, Tipe: MS318A) pada Lahan Tumpangsari Kentang Atlantik dan Teh dengan Variasi Jenis Mulsa. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (987kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (987kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (991kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sistem Irigasi Sprinkler Model Butterfly Rotary (SMBR) Tipe MS318A merupakan paket teknologi irigasi sederhana dan ekonomis yang dewasa ini banyak dikenal dan digunakan oleh para petani dataran tinggi tropis untuk mengairi tanaman sayuran termasuk kentang pada musim kemarau. Namun, kinerja Sistem Irigasi tersebut terutama terkait dengan keefektifan suplai/debit air dan penjadwalan irigasinya belum secara mendalam diketahui dan dipublikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji kinerja Sistem Irigasi SMBR Tipe MS318A melalui identifikasi suplai/debit, sebaran, keseragaman, dan laju aplikasi air curah yang dikeluarkan, serta (2) memperoleh kapasitas dan penjadwalannya yang optimum pada lahan tumpangsari kentang atlantik dan teh dengan variasi jenis mulsa. Penelitian dilaksanakan di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes Jawa Tengah dengan percobaan menempatkan Sprinkler Model Butterfly Rotary (SMBR) Tipe MS318A di demplot kentang atlantik pada lahan berukuran 3,5 m x 3,5 m dengan penggunan mulsa plastik (MP), mulsa jerami (MJ), dan tanpa mulsa (TM). Variabel yang diukur meliputi suplay/debit air, sebaran, keseragaman, dan air yang tertampung. Analisis kinerja sprinkler melalui kolerasi antara variabel-variabel diatas dengan data kadar air tanah dan kebutuhan air tanaman pada masing-masing demplot, serta hasilnya ditampilkan secara grafis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengukuran kinerja Sprinkler Model Butterfly Rotary (SMBR) Tipe MS318A menghasilkan kinerja yang optimum dengan debit air sebesar 0,66 liter/detik menghasilkan sebaran air curah sprinkler 5 meter, koefisien keseragaman (CU) 94,03%, distribusi keseragaman 51,87% dengan laju aplikasi sebesar 27,154 mm/jam. Kapasitas irigasi menggunakan Sprinkler Model Butterfly Rotary (SMBR) Tipe MS318A sebesar 274,60 mm dengan interval waktu 4 hari sekali tercapai secara optimum pada demplot tumpangsari teh dengan perlakuan mulsa jerami (MJ). Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat untuk acuan penelitian lanjutan, serta sebagai salah satu dasar pertimbangan guna pengembangan sistem pertanian kentang yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16232
Uncontrolled Keywords: Budidaya kentang, Irigasi
Subjects: I > I308 Irrigation
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:26
Last Modified: 04 Apr 2022 06:26
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15387

Actions (login required)

View Item View Item