Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efisiensi Pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) Emping Melinjo (Studi Kasus di Desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon)

PERMANA, E. Lingga Jati (2016) Efisiensi Pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) Emping Melinjo (Studi Kasus di Desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (992kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desa Tuk merupakan salah satu daerah sentra penghasil emping melinjo di Kabupaten Cirebon. Jumlah perajin di Desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon sebanyak 61. Perajin emping melinjo memproduksi emping melinjo setiap bulannya sebesar 5.552,6 kilogram. Emping melinjo dijual oleh perajin melalui pedagang perantara yang ada di Cirebon, Majalengka dan Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi saluran pemasaran emping melinjo di Desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, (2) Menganalisis besar marjin pemasaran dan farmer’s share emping melinjo pada setiap lembaga pemasaran (3) Mengetahui saluran pemasaran yang paling efisien berdasarkan efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis. Penelitian dilakukan di Desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon dengan sasaran perajin emping melinjo dan pedagang perantara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Pengambilan sampel perajin emping melinjo menggunakan metode Simple Random Sampling. Jumlah perajin yang menjadi responden sebanyak 25 orang dan pengambilan sampel pedagang perantara emping melinjo menggunakan metode snowball sampling diperoleh sebanyak 11 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis marjin pemasaran, farmer’s share dan analisis efisiensi teknis dan ekonomis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 3 saluran pemasaran emping melinjo di Desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, (2) Marjin pemasaran emping melinjo di Desa Tuk pada setiap saluran pemasaran yaitu: Saluran pemasaran I memiliki marjin pemasaran sebesar Rp 10.991/kg, saluran pemasaran II sebesar Rp 5.183/kg, dan saluran pemasaran III sebesar Rp 7.000/kg, (3) Farmer’s share terbesar terdapat pada saluran II dengan persentase sebesar 87,48 persen. Persentase biaya terkecil terdapat pada saluran III sebesar 69,06 persen. Persentase keuntungan terbesar terdapat pada saluran pemasaran III sebesar 30,93 persen. (4) Berdasarkan nilai indeks efisiensi teknis dan indeks efisiensi ekonomis diketahui saluran pemasaran emping melinjo yang paling efisien terdapat pada saluran III, karena memiliki nilai indeks efisiensi teknis terkecil dan indeks efisiensi ekonomis terbesar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16240
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Usaha Kecil
Subjects: M > M80 Marketing
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:56
Last Modified: 05 Apr 2022 03:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item