Pengaruh Macam dan Konsentrasi Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Auksin terhadap Pertumbuhan Stek Pucuk Tanaman Nilam (Pogostemon Cablin Benth)

PRIATNA, Deni (2016) Pengaruh Macam dan Konsentrasi Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Auksin terhadap Pertumbuhan Stek Pucuk Tanaman Nilam (Pogostemon Cablin Benth). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (924kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (981kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman nilam (Pogostemon cablin Benth) merupakan salah satu tanaman perkebunan yang memiliki prospek ekonomi cukup cerah, hasil dari tanaman nilam adalah minyak nilam yang diperoleh dari proses penyulingan daun dan ranting tanaman nilam. Akan tetapi, penyediaan bibit tanaman nilam ini masih memiliki kendala yaitu masalah pertumbuhan tanaman nilam yang lambat sehingga penyediaan bibit dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat sulit untuk dilakukan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan perkembangbiakan vegetatif yaitu stek pucuk dengan bantuan pemberian zat pengatur tumbuh (ZPT). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji pengaruh jenis dan konsentrasi auksin terhadap pertumbuhan stek pucuk tanaman nilam (Pagostemon cablin Benth), 2) memperoleh konsentrasi auksin terbaik untuk pertumbuhan stek pucuk tanaman nilam (Pagostemon cablin Benth), 3) memperoleh jenis auksin yang terbaik untuk pertumbuhan stek pucuk tanaman nilam (Pagostemon cablin Benth), 4) memperoleh konsentrasi dan jenis auksin terbaik untuk pertumbuhan stek pucuk tanaman nilam (Pagostemon cablin Benth). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas pada bulan Maret 2016 sampai dengan Mei 2016. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah macam zat pengatur tumbuh dengan tiga taraf, yaitu IAA (Z1), IBA (Z2), dan NAA (Z3). Faktor kedua adalah konsentrasi dengan tiga taraf, yaitu 50 ppm (K1), 75 ppm (K2), dan 100 ppm (K3) serta pembanding yaitu Kontrol (K0). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) zat pengatur tumbuh IBA memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan jumlah akar dan bobot akar segar, IAA memberikan pengaruh terhadap jumlah tunas, bobot tunas segar dan bobot tunas kering dan NAA memberikan pengaruh terhadap panjang akar terpanjang. 2) konsentrasi terbaik yaitu konsentrasi 100 ppm memberikan pengaruh pada jumlah akar dan konsentrasi 50 ppm memberikan pengaruh terhadap panjang akar terpanjang. 3) interaksi macam zat pengatur tumbuh dan konsentrasi IBA 100 ppm memberikan pengaruh terhadap jumlah akar dan NAA 50 ppm memberikan pengaruh terhadap panjang akar terpanjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16246
Uncontrolled Keywords: Perbanyakan Tanaman
Subjects: P > P315 Plant breeding
P > P335 Plants Growth
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:45
Last Modified: 05 Apr 2022 06:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15403

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year