Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pemberian Pupuk Hayati Mikoriza, Pupuk N- P- K dan Kompos terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bawang Daun (Allium Fistulosum L.) pada Ultisol

AGUS, Putra Triaria (2016) Pemberian Pupuk Hayati Mikoriza, Pupuk N- P- K dan Kompos terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bawang Daun (Allium Fistulosum L.) pada Ultisol. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (928kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (966kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bawang daun (Allium fistolosum L.) termasuk salah satu jenis sayuran daun yang digunakan sebagai bahan campuran sayuran yang popular di seluruh dunia.Tanah Ultisol mempunyai sebaran yang sangat luas, meliputi hampir 25% dari total daratan Indonesia, tetapi belum dimanfaatkan secara optimal sebagai daerah pertanian. Meningkatkan efisiensi penyerapan unsur hara, memproduksi zat pengatur tumbuh yang dapat meningkatkan perkembangan sistem perakaran tanaman, salah satu mikroorganisme yang berperan penting dalam memberikan peran tersebut adalah mikoriza, untuk itu dilakukan penelitian pemupukan hayati dengan menggunakan mikoriza. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemberian pupuk hayati mikoriza, pupuk kompos, pupuk N-P-K dan kombinasinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang daun. Penelitian dilaksanakan di lahan pertanian Desa Suro dan Laboratorium Ilmu Tanah pada bulan Juni sampai September 2013. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok 2 3 dengan 8 kombinasi perlakuan dengan tiga ulangan. Perlakuan terdiri dari 3 faktor yaitu pupuk hayati mikoriza, pupuk kompos dan pupuk N-P-K. Perlakuan yang dicoba yaitu kombinasi pemberian pupuk hayati mikoriza, pupuk kompos dan pupuk N-P-K. Kombinasi perlakuan adalah: P0 (kontrol), O (pupuk organik), H (hayati), K50 (pupuk N-P-K), HO (kombinasi pupuk hayati dan kompos), K50O (kombinasi pupuk kimia dan kompos), K50H (kombinasi pupuk N-P-K dan hayati), K50HO (kombinasi pupuk N-P-K, hayati, dan kompos). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk hayati mikoriza pada variabel luas daun, bobot akar kering dan bobot tanaman kering berpengaruh secara nyata dibanding kontrol pada pertumbuhan tanaman bawang daun. Berpengaruh nyata terhp variabel bobot tanaman segar, bobot akar segar dan bobot tanaman per petak efektif dari pemberian pupuk hayati mikoriza. Perlakuan pemberian pupuk organik, mikoriza, Urea–KCL-SP36 menunjukkan pengaruh yang nyata pada hasil tanaman bawang daun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16272
Uncontrolled Keywords: Pupuk Hayati Mikoriza, Pupuk N- P- K, Kompos, Bawang Daun, Ultisol
Subjects: F > F122 Fertilizers Herbicides
P > P335 Plants Growth
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:05
Last Modified: 06 Apr 2022 07:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15420

Actions (login required)

View Item View Item