Penyusunan dan Penerapan Dokumen Manual Mutu pada Usaha Kecil dan Menengah Gula Kelapa Cetak ‘UD. NGUDI LESTARI II’ Kebasen, Banyumas

RAMADHINA, Sitti Chairani (2016) Penyusunan dan Penerapan Dokumen Manual Mutu pada Usaha Kecil dan Menengah Gula Kelapa Cetak ‘UD. NGUDI LESTARI II’ Kebasen, Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (605kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (708kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (872kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UKM) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia. UKM gula kelapa cetak ‘UD. Ngudi Lestari II’ di Kebasen, Banyumas adalah salah satu penghasil gula kelapa cetak yang memiliki potensi pasar lokal maupun ekspor dan memiliki omset pemasaran cukup tinggi. Manual mutu adalah dokumentasi tertulis berisi petunjuk praktis mengenai cara, langkah, atau prosedur tentang bagaimana sistem dilaksanakan, dievaluasi dan ditingkatkan mutunya secara berkelanjutan oleh pihak yang bertanggung jawab melaksanakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis kesenjangan sebelum dan sesudah dilakukan penerapan Dokumen Manual Mutu pada usaha kecil dan menengah gula kelapa cetak UD. Ngudi Lestari II serta menyusun dan menerapkan Dokumen Manual Mutu pada usaha kecil dan menengah gula kelapa cetak UD. Ngudi Lestari II. Penelitian dilaksanakan di usaha kecil dan menengah UD. Ngudi Lestari II yang terletak di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Kegiatan utama dalam penyusunan dokumen adalah mengumpulkan informasi kemudian menuliskan informasi tersebut dalam bentuk tertulis. Penelitian ini diawali dengan identifikasi awal UKM UD. Ngudi Lestari II dan analisis kesenjangan sebelum penerapan Dokumen Manual Mutu; dilanjutkan dengan penyusunan Dokumen Manual Mutu, dan terakhir dilakukan analisis kesenjangan setelah penerapan Dokumen Manual Mutu. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji-t dengan paired sample t-test. Hasil penelitian yaitu berupa dokumen manual mutu yang kemudian dilakukan analisis kesenjangan sebelum dan sesudah diterapkannya dokumen. Sebelum penerapan dokumen, persentase pencapaian memiliki rata-rata penilaian sebesar 39,16% yang menunjukkan bahwa UKM UD. Ngudi Lestari II belum memiliki dokumen sebagai acuan untuk menjalani produksi setiap hari sehingga persentase yang dihasilkan masih cukup rendah. Setelah UKM menerapkan dokumen manual mutu terjadi peningkatan persentase pencapaian yaitu dengan rata-rata sebesar 96,25% yang menunjukkan bahwa UKM telah menerapkan dokumen dengan sangat baik. Dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji T menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari setiap klausul terhadap perbaikan sistem manajemen mutu pada UKM sebelum dan sesudah dilakukan penerapan Dokumen Manual Mutu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16278
Uncontrolled Keywords: Dokumen Manual Mutu, Usaha Kecil dan Menengah,Gula Kelapa Cetak, Banyumas
Subjects: D > D243 Documentation
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:43
Last Modified: 07 Apr 2022 03:43
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year