Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Eksplorasi, Identifikasi dan Potensi Parasitoid Telur dalam Mengendalikan Hama Wereng Batang Cokelat (Nilaparvata Lugens Stal.) pada Tanaman Padi di Kabupaten Banyumas

FIRMANSYAH, Rida (2016) Eksplorasi, Identifikasi dan Potensi Parasitoid Telur dalam Mengendalikan Hama Wereng Batang Cokelat (Nilaparvata Lugens Stal.) pada Tanaman Padi di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman padi merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat sebagai sumber energi. Produksi padi tiap musim tanamnya selalu berfluktuasi. Salah satu penyebabnya adalah hama wereng batang cokelat (WBC). Maka perlu adanya penanganan khusus untuk mengendalikan populasi WBC yaitu dengan menggunakan parasitoid telur WBC. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui jenis parasitoid telur WBC di wilayah Banyumas: 2) mengetahui potensi parasitoid telur dalam mengendalikan hama WBC: 3) mengetahui jenis parasitoid telur yang paling efektif untuk mengendalikan hama WBC. Penelitian ini menggunakan metode purposive random sampling untuk memperoleh lokasi sebaran WBC. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Banyumas sejak November 2015 hingga April 2016. Penelitian menggunakan Rancangan Pola Tersarang. Faktor ke-1 adalah Kecamatan yang terdiri atas Kecamatan Kebasen, Cilongok, Kembaran, Jatilawang Sumpiuh dan faktor ke-2 adalah desa yang tersarang dalam Kecamatan. Masing-masing kecamatan terdiri atas 5 desa. Data dianalisis menggunakan uji F, apabila beda nyata, maka di uji lanjut menggunakan DMRT dengan taraf kesalahan 5 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parasitoid telur WBC yang ada di wilayah Banyumas adalah Gonatocerus sp. dan Oligosita sp. Tingkat pemarasitan Gonatocerus sp. tertinggi di Kecamatan Sumpiuh sebesar 53,43 persen dan terendah di Kecamatan Kembaran sebesar 36,35 persen. Tingkat pemarasitan Oligosita sp. tertinggi di Kecamatan Kembaran sebesar 18,26 persen dan terendah terdapat di Kecamatan Jatilawang sebesar 4,00 persen. Populasi nimfa WBC tertinggi di Kecamatan Cilongok sebanyak 1,83 individu/rumpun dan terendah di Kecamatan Kebasen sebanyak 0,60 individu/rumpun. Populasi imago WBC tertinggi di Kecamatan Jatilawang sebanyak 35,53 individu/rumpun dan terendah di Kecamatan Kembaran sebanyak 0,98 individu/rumpun. Intensitas serangan WBC tertinggi di Kecamatan Jatilawang sebesar 16,30 persen dan terendah di Kecamatan Kembaran sebesar 9,00 persen. Populasi telur WBC tertinggi di Kecamatan Jatilawang sebanyak 38,48 telur/rumpun dan terendah di Kecamatan Kembaran sebanyak 8,68 telur/rumpun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16280
Uncontrolled Keywords: Hama WBC, Gonatocerus sp, Oligosita sp.
Subjects: P > P178 Pest control Plant
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:22
Last Modified: 07 Apr 2022 04:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15434

Actions (login required)

View Item View Item