Analisis Produktivitas, Pendapatan, dan Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Padi Sawah di Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

PUTRA, Indra Satria (2016) Analisis Produktivitas, Pendapatan, dan Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Padi Sawah di Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (976kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (971kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Padi sawah merupakan komoditas yang sangat penting dan strategis kedudukannya sehingga perlu upaya untuk meningkatkan produksinya. Upaya ini terganjal oleh fluktuasi produktivitas padi sawah akibat penggunaan faktor produksi yang kurang optimal. Perlu adanya upaya peningkatan produktivitas padi sawah yang akan meningkatkan produksi padi sawah dan berlanjut pada peningkatan keamanan pangan, pendapatan, dan kesejahteraan petani. Petani dalam berusahatani bertujuan untuk meningkatkan pendapatan. Pendapatan dapat dimaksimalkan dengan cara menggunakan faktor produksi secara efisien, sehingga biaya yang dikeluarkan petani dapat diminimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghitung produktivitas dan pendapatan bersih usahatani padi sawah 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi sawah 3) Menganalisis efisiensi penggunaan faktor produksi padi sawah. Penelitian ini dilakukan di Desa Karangtengah, Desa Panembangan, dan Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas pada bulan Februari sampai dengan bulan April tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sasaran penelitian adalah petani yang melakukan usahatani padi sawah pada musim tanam tahun 2015. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan teknik wawancara menggunakan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah: 1) Analisis produktivitas 2) Analisis biaya dan pendapatan 3) Analisis fungsi produksi Cobb-Douglas 4) Analisis efisiensi penggunaan faktor produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata produktivitas padi sawah sebesar 5.018,73 kg per hektar dan rata-rata pendapatan bersih usahatani padi sawah sebesar Rp5.820.826,15 per hektar 2) Faktor produksi yang berpengaruh pada usahatani padi sawah adalah luas lahan dan benih, sedangkan faktor produksi pupuk organik, pupuk anorganik, pestisida, dan tenaga kerja berpengaruh tidak nyata 3) Penggunaan faktor produksi luas lahan belum efisien sedangkan benih tidak efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16291
Uncontrolled Keywords: Padi Sawah, Produktivitas, Pendapatan, Efisiensi
Subjects: F > F65 Farmers
I > I60 Income
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:09
Last Modified: 08 Apr 2022 03:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15451

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year