Efek Fumigan Beberapa Jenis Ekstrak Tanaman Terpilih Penghasil Senyawa Volatil terhadap Hama Bubuk Beras Sitophilus Oryzae (L)

PRABAWATI, Ghanni (2016) Efek Fumigan Beberapa Jenis Ekstrak Tanaman Terpilih Penghasil Senyawa Volatil terhadap Hama Bubuk Beras Sitophilus Oryzae (L). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (885kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (989kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sitophilus oryzae merupakan hama gudang utama pada komoditas serealia, tingkat kerusakan yang ditimbulkan dapat mencapai 30%. Pengendalian yang sering dilakukan di gudang adalah fumigasi metil bromida, pengendalian dengan cara seperti ini dapat menimbulkan efek samping seperti resistensi, resurjensi, penurunan kualitas komoditas, dan keracunan pada manusia. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah penggunaan pestisida nabati. Tujuan penelitan ini adalah 1) mengetahui potensi dari beberapa jenis tanaman penghasil senyawa volatil sebagai fumigan terhadap serangga Sitophilus oryzae. 2) mengetahui jenis penghasil senyawa volatil terbaik sebagai fumigan. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Perlindungan Tanaman Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto pada bulan Pebruari – Mei 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor. Faktor pertama yaitu jenis tanaman penghasil senyawa volatil : P1 = daun pandan wangi, P2 = daun salam , P3 = daun serai wangi, P4 = daun selasih, dan P5 = daun nilam. Faktor kedua taraf konsentrasi : K1= 0 %, K2= 2,5% , dan K3= 5%, K4= 7,5% dan K5= 10 %. Total kombinasi perlakuan adalah 25 kombinasi dan diulang sebanyak 3 kali. Variabel yang diamati adalah mortalitas serangga dan penghambatan aktivitas makan serangga. Data dianalisis dengan uji F dan Uji lanjut dengan uji kisaran ganda Duncan pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua jenis ekstrak tanaman yang di uji berpengaruh sangat nyata terhadap mortalitas serangga S. oryzae, namun tidak berpotensi sebagai fumigan. Presentase mortalitas sangat rendah, antara 0,00- 8,33%. Taraf konsentrasi terbaik ditunjukkan pada konsentrasi 10%. Konsentrasi ekstrak tanaman yang diuji berkorelasi positif dengan tingkat mortalitas serangga uji. Efek fumigan ekstrak tanaman yang diuji tidak berpengaruh nyata terhadap penghambatan aktivitas makan S. Oryzae.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16298
Uncontrolled Keywords: Efek Fumigan, Senyawa Volatil,Hama Bubuk Beras Sitophilus Oryzae (L)
Subjects: P > P178 Pest control Plant
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:10
Last Modified: 08 Apr 2022 07:10
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15460

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year