Analisis Kinerja Mitra Tani Benih Padi Bersertifikat (Studi Kasus PT Sang Hyang Seri (Persero) Cabang Sumpiuh Kabupaten Banyumas)

NOORMARES, Aldino (2016) Analisis Kinerja Mitra Tani Benih Padi Bersertifikat (Studi Kasus PT Sang Hyang Seri (Persero) Cabang Sumpiuh Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (897kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (989kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (992kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Suatu perusahaan tidak dapat menghasilkan produk yang memuaskan tanpa didukung oleh supplier yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara kriteria output (harga, mutu dan waktu pengiriman) dengan kriteria input (kecepatan tanggap, pelayanan dan fleksibilitas) pada penilaian kinerja supplier, 2) Efisiensi kinerja supplier bahan baku PT Sang Hyang Seri (Persero) Cabang Banyumas, dan 3) Prioritas kriteria PT Sang Hyang Seri (Persero) Cabang Banyumas dalam memilih dan menilai supplier. Penelitian dilakukan di PT Sang Hyang Seri (Persero) Cabang Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi. Metode penentuan sampel supplier yang digunakan yaitu Purposive Sampling dengan data sampel supplier tahun 2013 sampai dengan 2015 yang terdiri dari 27 supplier. Metode penentuan sampel pengelola perusahaan yang digunakan yaitu Purposive Sampling, yaitu Manajer Cabang, Asisten Manajer bagian Produksi, Penyelia I Pengembang Benih Padi dan Supervisor Pengolahan Benih PT Sang Hyang Seri (Persero) Cabang Banyumas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman, Data Envelopment Analysis (DEA), dan Analysis Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Terdapat hubungan antara kriteria output dengan input, antara lain: kriteria mutu dengan kecepatan tanggap yaitu kuat, hubungan antara mutu dengan pelayanan yaitu cukup, hubungan antara mutu dengan fleksibilitas yaitu kuat, kemudian hubungan waktu pengiriman dengan kecepatan tanggap yaitu cukup, hubungan waktu pengiriman dengan pelayanan yaitu cukup, hubungan waktu pengiriman dengan fleksibilitas yaitu cukup, sedangkan kriteria harga memiliki hubungan tidak signifikan dengan kriteria input pada penilaian kinerja supplier perusahaan. 2) Hasil perhitungan efisiensi kinerja supplier, pada tahun 2013 terdapat 3 supplier yang efisien (TE=1) yaitu Jatimulya Jatilawang, Krida Tani II Klampok dan Mekar Tani Purbalingga, kemudian pada tahun 2014 terdapat 6 supplier yang efisien (TE=1) yaitu Sido Dadi Makmur Kebasen, Lestari Gombong, Penatus 1 Petanahan, Sejahtera Kebumen, Sri Sedana Kebumen dan Sumber Makmur Kebumen. Pada tahun 2015 terdapat 7 supplier yang efisien (TE=1) yaitu Sri Rejeki Binangun, Adi Utama Jatilawang, Karyanto Weleri, H.M. Zaeri Kendal, Ibuku Petanahan, Karya Bhakti Kebumen dan Lestari Gombong. 3) Prioritas kriteria output adalah kriteria mutu dengan bobot (nilai eigen vector) 0,3929. Sedangkan prioritas kriteria input adalah kriteria fleksibilitas dengan bobot (nilai eigen vector) 0,4076.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16305
Uncontrolled Keywords: Analisis Kinerja, Benih Padi, Banyumas)
Subjects: P > P142 Performance
S > S181 Seeds
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:13
Last Modified: 11 Apr 2022 04:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15473

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year